BNPB: Selain Palu, Tsunami Juga Terjang Donggala

Indah Mutiara Kami - detikNews
Jumat, 28 Sep 2018 22:37 WIB
Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah (Foto: dok. Google Maps)
Jakarta - Selain Palu, tsunami menerjang Donggala, Sulawesi Tengah. Gempa berkekuatan 7,4 Magnitudo dan gempa-gempa susulan lain berpusat di Donggala.

"Berdasarkan konfirmasi kepada BMKG, tsunami terjadi menerjang pantai. Posko BNPB juga telah mengkonfirmasi ke BPBD bahwa tsunami telah menerjang Pantai Talise di Kota Palu dan pantai di Donggala," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulisnya, Jumat (28/9/2018).

Sejumlah video viral memperlihatkan kondisi di Palu dan Donggala akibat diterjang tsunami. Sutopo mengkonfirmasinya.

"Beberapa video yang didokumentasikan masyarakat dan disebarkan di media sosial mengenai tsunami di Kota Palu dan Donggala adalah benar. Gempa tsunami menimbulkan korban jiwa," ungkapnya.

Berdasarkan laporan sementara, ada beberapa korban yang meninggal. Jumlah korban masih didata.

"Laporan sementara, terdapat beberapa korban yang meninggal karena tertimpa bangunan roboh. Tsunami juga menerjang beberapa permukiman dan bangunan yang ada di pantai. Jumlah korban dan dampaknya masih dalam pendataan," kata Sutopo.

Sebelumnya diberitakan, video-video yang beredar memperlihatkan kerusakan di Palu. Dua di antaranya adalah jembatan di Pantai Talise yang patah dan kubah Masjid Agung Darussalam yang roboh. (imk/iy)