DetikNews
Jumat 28 September 2018, 15:56 WIB

Kali Bekasi Bau dan Dipenuhi Busa, 3 Pabrik dan 1 Laundry Disegel

Isal Mawardi - detikNews
Kali Bekasi Bau dan Dipenuhi Busa, 3 Pabrik dan 1 Laundry Disegel Kali Bekasi dipenuhi lautan busa. (Isal/detikcom)
Bekasi - Kali Bekasi dipenuhi busa sejak 3 hari lalu. Pemerintah Kota Bekasi telah menyegel 3 pabrik dan 1 usaha laundry terkait kondisi Kali Bekasi itu.

"(Tercemar) kandungannya konsentrat (detergen). Saat kita lakukan pengujian, kandungan pencemaran sudah tinggi," ujar Kabid Penataan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Sugiono, di kantornya, Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan, Jumat (28/9/2018).


Sugiono mengatakan pihaknya sudah mengawasi potensi-potensi pencemaran. Namun sampai saat ini pihaknya belum menemukan adanya pencemaran di Kota Bekasi.

"Tim kita (DLH Kota Bekasi) menyusuri sampai ke Bogor. Kondisinya sudah seperti itu (berbusa) dan memang kondisi ini memang terjadi beberapa waktu lalu," ujarnya.

Sugiono menjelaskan kontur Kali Bekasi banyak yang menurun. Sehingga air yang sudah tercemar detergen akan terkocok dan menyebabkan munculnya busa.

Sugiono bercerita, sejak 2017, Kali Bekasi sering berbusa. Bahkan pada 2018, fenomena Kali Bekasi berbusa sudah 3 kali terjadi.


Upaya konkretnya, Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi telah menyegel 4 tempat usaha di wilayah Kota Bekasi. Di antaranya laundry, pabrik nata de coco, pabrik plastik, dan pabrik baja.

Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi sudah berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor dan Dinas Lingkungan Hidup Jawa Barat terkait persoalan Kali Bekasi ini.



Saksikan juga video 'Jorok! Kali Bekasi Berbusa dan Beraroma Busuk':

[Gambas:Video 20detik]


(idh/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed