Laporan dari New York

Ada Avengers hingga Justice League di Pidato JK Saat Sidang Umum PBB

Rina Atriana - detikNews
Jumat, 28 Sep 2018 04:50 WIB
Foto: JK di Sidang Umum PBB (Rina-detik)
New York - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) bicara di sidang umum PBB ke-73 di New York. Awal-awal penyampaiannya, JK membahas mengenai pentingnya kepemimpinan global (global leadership).

"Dunia terus menghadapi tantangan global yang kompleks. Di mana ketidakstabilan dan konflik masih merajalela. Kemiskinan yang parah dan ketidaksetaraan berkepanjangan," kata JK di sidang umum PBB ke-73 di Markas Besar PBB, New York, Kamis (28/9/2018).



JK menyatakan, dunia tidak perlu kepemimpinan superhero layaknya Avengers. Akan tetapi dunia butuh kerja sama yang lebih baik lagi untuk mencapai tujuan bersama.

"Di waktu seperti ini, kita sering keliru melihat 'kepemimpinan' itu artinya hanya memiliki kekuatan besar, kepemimpinan yang memiliki kekuatan superhero. Namun, dunia tidak perlu melihat jauh untuk mencari para superhero. Kita tidak perlu meminta kekuatan Avengers atau Justice League," tutur JK.

"Kami di ruangan ini adalah pemimpin global. Secara kolektif, kami memiliki kekuatan superhero. Yang harus kita lakukan adalah memanfaatkan kehendak, keberanian, kekuatan, welas asih, tidak egois, dan kerendahan hati kita sendiri. Ini adalah inti dari Perserikatan Bangsa-Bangsa," bebernya.



JK menambahkan, tua-muda wanita-pria harus bekerja sama untuk mencapai setiap tujuan global.

"Mengejar perdamaian, kesetaraan, dan keberlanjutan bagi kita membutuhkan kepemimpinan global dan tanggung jawab bersama," ujar JK.

"Tidak ada kepemimpinan yang efektif tanpa tanggung jawab yang tulus dan sebaliknya," imbuhnya. (rna/rvk)