DetikNews
Kamis 27 September 2018, 13:41 WIB

BIN Tolak Dikaitkan dengan Pencegahan Habib Rizieq di Saudi

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
BIN Tolak Dikaitkan dengan Pencegahan Habib Rizieq di Saudi Juru bicara Kepala BIN Wawan Purwanto (tengah) (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Wakil Ketua DPR Fadli Zon meminta agar BIN, Polri, sampai Kemenlu dipanggil terkait pencegahan Habib Rizieq Syihab di Arab Saudi saat hendak ke Malaysia. BIN menolak dikaitkan dengan apa yang terjadi pada Habib Rizieq.

"Kalau (surat pemanggilan) itu kan masih proses kayaknya, jadi kalau perjalanan kan mesti perlu waktu, kan mesti lewat protokoler dulu dan sebagainya, tapi saya belum melihat suratnya," ujar juru bicara Kepala BIN Wawan Purwanto kepada detikcom, Kamis (27/8/2018).

Wawan mengatakan BIN sama sekali tidak terkait dengan pencekalan Rizieq karena pemerintah ingin Rizieq segera pulang ke Indonesia. Permasalahan hukum Rizieq di Tanah Air, disebut Wawan, juga sudah selesai.

"Toh SP3 sudah dilakukan, beberapa kan sudah di-SP3, persoalan lain-lain yang misalkan belum selesai ya diselesaikanlah dengan baik. Kita inginnya itu justru makin cepat makin baik," katanya.


Menurut Wawan, masalah akan menggantung jika Rizieq tidak segera pulang ke Tanah Air. Rizieq diharapkan segera pulang ke Tanah Air agar seluruh masalah cepat selesai. Dia kembali menegaskan pemerintah tidak terlibat pencekalan Rizieq.

"Tidak ada kaitan BIN kok bermain-bermain, lah untuk apa? Kan kita sudah clear," tuturnya.

Wawan menyebut BIN tidak jadi masalah jika nantinya akan ditanya oleh DPR. Namun Wawan mengatakan belum mengetahui apa yang akan ditanyakan DPR.

"Sebetulnya kalau DPR mau bertanya atau apa ya hak DPR untuk menanyakan segala sesuatu. Tapi kan kita belum tahu ini mau ditanya apa juga belum tahu," ucapnya.

"Tapi saya yakinkan bahwa pemerintah itu justru inginnya selesai, clear. Jadi tidak ada, apalagi kok sampai pemerintah ikut campur. Karena pemerintah Saudi sendiri kan mengatakan tidak ada masalah. Ini sebetulnya menurut saya soal miskomunikasi dan makin cepat makin baik," imbuhnya.


Sebelumnya diberitakan, Fadli Zon berencana mengirim surat kepada Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, dan Ka-BIN Budi Gunawan terkait pencegahan Habib Rizieq Syihab oleh Arab Saudi. Surat akan dikirim hari ini.

"Akan kirim mungkin hari ini ya," kata Fadli di gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (27/9).

Sementara itu, Dubes Arab Saudi untuk Indonesia Osama al-Shuaibi mengatakan apa yang dilakukan otoritas Arab Saudi semata-mata untuk melindungi Habib Rizieq. "Jadi pemerintah Arab Saudi cukup menjaga keselamatan Habib Rizieq. Jadi kalau ada sesuatu yang membuat ketidaknyamanan atau sesuatu yang kurang baik kepada Habib Rizieq mungkin Arab Saudi lebih menjaga atau melindungi saja," kata Shuaibi di Bogor, Rabu (26/9).



Saksikan juga video 'Momen Keakraban Suami Kartika Putri dengan Habib Rizieq':

[Gambas:Video 20detik]


(nvl/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed