DetikNews
Rabu 26 September 2018, 20:52 WIB

PBNU Senang Yenny Wahid Dukung Jokowi-Ma'ruf Amin

Eva Savitri - detikNews
PBNU Senang Yenny Wahid Dukung Jokowi-Maruf Amin Foto: Grandyos Zafna/detikcom
Jakarta - Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Robikin Emhas menyambut gembira dukungan putri almarhum Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Yenny Wahid, kepada Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin. Menurut Robikin, hal itu sudah ia prediksi sebelumnya.

"Kami yakin, kami yakin (Gusdurian mendukung Kiai Ma'ruf Amin)," ujarnya di kediaman Ma'ruf Amin, Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (26/9/2018).

Menurut Robikin, hal tersebut dikarenakan sosok Ma'ruf sebagai guru bagi warga NU, sehingga wajar bagi setiap warga NU memberikan dukungannya kepada Jokowi-Ma'ruf.



"Kiai Ma'ruf sebagai guru kami, maka santri tidak ada pilihan selain tunduk dan patuh dan ikut memiliki tanggung jawab moral untuk menyukseskan beliau. Nah, Mbak Yenny ini Putri Gus Dur, maka kami tentu saja akan sangat senang," ucapnya.

Ia mengatakan, sebagai seorang santri dan warga NU, dirinya patuh atas perintah Ma'ruf Amin. Tanpa diperintah pun dirinya tahu apa yang harus dilakukan.

"Sebagai santri, kami sekali lagi patuh dan tunduk pada perintah kiai. Bahkan tanpa kiai perintah, sebagai santri, kami paham melakukan apa," jelasnya.



Sebelumnya, Yenny secara resmi mendeklarasikan dukungan kepada Jokowi-Ma'ruf. Dia mengaku berbicara atas nama sembilan konsorsium kader Gus Dur.

"Ada banyak kelompok lain di luar sana. Bahwa keluarga Gus Dur, saya wakili dalam sifat politiknya. Ibu saya sendiri tidak akan ikut-ikutan karena beliau ibu bangsa, beliau tugasnya 'menjewer' kalau ada yang bandel dari kedua kubu," ujar Yenny.
(nkn/nkn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed