Mendagri Tunggu Rekomendasi Bawaslu soal Bupati Pesisir Selatan

Yulida Medistiara - detikNews
Rabu, 26 Sep 2018 13:12 WIB
Mendagri Tjahjo Kumolo (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengaku menunggu rekomendasi Bawaslu soal viralnya video Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni. Dalam video itu, Hendrajoni menyerahkan bantuan dan memberi penekanan soal nama Joko Widodo (Jokowi).

"Kami nunggu Bawaslu, itu bukan kewenangan kami," ucap Tjahjo di Ombudsman, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Rabu (26/9/2018).




Menurut Tjahjo, setiap kepala daerah berhak menentukan arah politik masing-masing. Terlepas dari itu, dia belum bisa mengambil sikap lantaran belum ada rekomendasi apa pun dari Bawaslu.

Secara terpisah, Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri Sumarsono alias Soni seiya sekata dengan Tjahjo tentang persoalan itu. Dia mengaku baru bisa memberikan sanksi apabila ada hasil klarifikasi serta rekomendasi dari Bawaslu.




"Tergantung rekomendasi dari Bawaslu. Kami tidak bisa ngomong pelanggaran dan tidak berandai-andai dulu karena memang tergantung klarifikasi. Kita nunggu surat dari Bawaslu," ujar Soni.

Sebelumnya diberitakan, dalam video berdurasi 41 detik yang viral, Hendrajoni terlihat menyerahkan sejumlah bantuan secara simbolis. Dia bertanya kepada penerima, siapa yang memberi bantuan itu. Hendrajoni mempertegas bahwa bantuan itu dari Jokowi. (yld/dhn)