DetikNews
Rabu 26 September 2018, 05:51 WIB

Laporan Dari New York

Bertemu Mike Pence, JK Bahas Myanmar hingga Afghanistan

Rina Atriana - detikNews
Bertemu Mike Pence, JK Bahas Myanmar hingga Afghanistan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) bertemu dengan Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Mike Pence di sela kunjungannya ke New York (Foto: Dok. Setwapres)
New York - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) bertemu dengan Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Mike Pence di New York. Sejumlah hal dibahas keduanya, di antaranya terkait Myanmar hingga Afghanistan.

"(Bahas) masalah politik, masalah Korea, di Myanmar, kita bicara juga masalah Afghanistan," kata JK di Hotel Westin Grand Central, New York, Selasa (25/9/2018).


Pertemuan JK dengan Mike Pence berlangsung di Lotte New York Palace, New York. Pertemuan berlangsung tak lebih dari satu jam.

JK tak merinci lebih jauh pembahasan terkait negara-negara tersebut saat bertemu Pence. Namun, JK menyinggung peran penting Indonesia sebagai salah satu negara Muslim terbesar di dunia.


"Indonesia sebagai negara Islam yang besar, sangat penting, dan dia setuju bahwa Indonesia harus punya peran itu," tutur JK.

Menurut JK, pertemuannya dengan Pence kali ini sekaligus dalam rangka menjelang 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan AS yang jatuh tahun depan.


"Kita membicarakan hubungan baik, karena tahun depan 70 tahun hubungan diplomatik dengan Amerika, kita berharap bisa meningkatkan hubungan kita, ekonomi contohnya, perdagangan," jelas JK.

Selain bertemu Mike Pence, JK juga sempat bertemu Ratu Maxima di sela menghadiri sidang umum PBB di Markas PBB. Setelah itu, di hari yang sama, JK dijadwalkan akan bertemu dengan Perdana Menteri Fiji.
(rna/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed