DetikNews
Rabu 26 September 2018, 05:09 WIB

Laporan Dari New York

Jelang 70 Tahun Hubungan RI-AS, JK Temui Mike Pence di New York

Rina Atriana - detikNews
Jelang 70 Tahun Hubungan RI-AS, JK Temui Mike Pence di New York Wapres JK bertemu dengan Wapres AS Mike Pence di sela kunjungannya ke New York. (Foto: Dok. Setwapres)
New York - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) bertemu dengan Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Mike Pence di sela kunjungannya ke New York. Pertemuan tersebut dalam rangka menjelang 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan AS.

"Kita membicarakan hubungan baik, karena tahun depan 70 tahun hubungan diplomatik dengan Amerika, kita berharap bisa meningkatkan hubungan kita, ekonomi contohnya, perdagangan," kata JK di Hotel Westin Grand Central, New York, Selasa (25/9/2018).


Pertemuan JK dengan Mike Pence berlangsung di Lotte New York Palace, New York. Pertemuan berlangsung tak lebih dari satu jam.

JK menambahkan, pertemuannya dengan Mike Pence mengingatkan soal adanya kesempatan Indonesia dalam perang dagang yang terjadi belakangan ini.


Pertemuan ini jelang 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-ASPertemuan ini jelang 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-AS (Foto: Dok. Setwapres)
"Kita sebenarnya punya kesempatan dalam perang dagang ini," ujar JK.

"Bagaimana Indonesia mempunyai kesempatan masuk Amerika lebih baik karena Indonesia tidak ada soal. Itu kita perbaiki, meningkatkan hubungan-hubungan seperti itu," imbuhnya.


Selain bertemu Mike Pence, JK juga sempat bertemu Ratu Maxima selaku Utusan Khusus PBB untuk Inklusi Keuangan. Pertemuan digelar di Markas PBB, New York.

Sebelum pertemuan dengan Ratu Maxima, JK sempat mengungkit sekilas soal materi apa yang akan mereka bahas. Di antaranya yakni mengenai financial technology (fintech), yakni bagaimana perkembangan teknologi bisa selaras dengan perkembangan ekonomi juga.
(rna/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed