DetikNews
Selasa 25 September 2018, 22:40 WIB

Rommy Yakin Jokowi-Ma'ruf Bisa Menang 65% pada Pilpres 2019

Muhammad Idris - detikNews
Rommy Yakin Jokowi-Maruf Bisa Menang 65% pada Pilpres 2019 Foto: dok. PPP
Jakarta - Ketua Umum PPP M Romahurmuziy yakin pasangan Joko Widodo Ma'ruf Amin akan menang lebih mudah dibanding pada Pilpres 2014. Ia yakin pasangan yang didukung PPP ini akan memperoleh 65 persen atas pasangan Prabowo Sandiaga Uno.

"Angka ini lebih baik dibanding kemenangan Pak Jokowi pada Pilpres 2014, yang memperoleh angka 52 persen, sementara lawannya 48 persen," kata Rommy setelah menerima 21 duta besar negara-negara Eropa di kantor DPP PPP, Selasa (25/9/2018).

Selain diuntungkan oleh posisi sebagai petahana, menurut dia, Jokowi didukung oleh jumlah partai politik yang lebih besar dibanding pada 2014. Saat ini ada enam partai parlemen yang diketahui mendukung Jokowi, yaitu PDIP, PPP, Golkar, PKB, NasDem, dan Hanura. Selain itu, Jokowi dinilai telah menunjukkan kerja untuk rakyat selama empat tahun terakhir.


Rommy menambahkan, dari sisi Ma'ruf, selain mudah diterima kalangan Islam, Rommy yakin juga akan diterima kalangan nonmuslim. Termasuk para pendukung mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Dukungan Ahokers yang selama ini ditujukan kepada Jokowi, menurutnya, tidak akan berubah dengan terpilihnya Ma'ruf sebagai cawapres.

"Kita tahu bahwa pendukung Ahok sudah menunjukkan dukungan dini terhadap Pak Jokowi. Kalau kemudian KH Ma'ruf Amin bertemu dengan mereka, itu sifatnya lebih merupakan klarifikasi terhadap isu intoleransi yang digulirkan pihak sebelah," ungkap Rommy.

Rommy mengakui saat ini masih ada pimpinan agama-agama selain Islam yang masih mempertanyakan beberapa fatwa yang dihasilkan MUI di bawah kepemimpinan Ma'ruf. Namun ia yakin Ma'ruf akan berhasil menjawab pertanyaan tersebut.

"KH Ma'ruf Amin tentu bisa mengklarifikasi isu ini dengan jelas, sehingga isu tidak lagi bisa 'digoreng' oleh lawan politik," pungkas Rommy.


(idr/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed