DetikNews
Selasa 25 September 2018, 20:32 WIB

Laporan Dari New York

JK Hadiri Pembukaan Sidang Umum PBB Ke-73

Rina Atriana - detikNews
JK Hadiri Pembukaan Sidang Umum PBB Ke-73 Foto: Rina Atriana/detikcom
New York - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menghadiri pembukaan Sidang Umum PBB di New York hari ini. Sidang umum dibuka oleh Presiden Sidang Umum PBB Ke-73 Maria Fernanda Espinosa Garces.

Berdasarkan pantauan detikcom di lokasi Sidang Umum PBB, Markas Besar PBB, Selasa (25/9/2018), prosesi pembukaan sidang dimulai pukul 09.00 waktu New York atau Selasa malam waktu Jakarta.

Sebelum dimulai sidang, seluruh peserta sidang dipersilakan berdiri dalam rangka mengheningkan cipta untuk mengenang mendiang mantan Sekjen PBB Kofi Annan.



Menghadiri pembukaan sidang ini, JK ditemani Menlu Retno Marsudi dan Menko PMK Puan Maharani. Dalam sidang PBB tahun ini, sebanyak 193 negara satu per satu akan memberikan statement.

JK mendapat jadwal berbicara pada Kamis (27/9) lusa. Belum diketahui apa yang akan menjadi fokus JK dalam pidatonya.

Setelah menghadiri pembukaan sidang umum, hari ini JK juga memiliki sejumlah agenda pertemuan yang telah dijadwalkan. Pertemuan tersebut antara lain melakukan pertemuan bilateral dengan Ratu Maxima selaku Utusan Khusus PBB untuk Inklusi Keuangan, menghadiri pertemuan tingkat tinggi terkait penjaga perdamaian, serta bertemu dengan Perdana Menteri Fiji.

Berdasarkan laporan The New York Times, Selasa (25/9), kepala negara yang hadir dan dijadwalkan memberikan statement dalam Sidang Umum PBB Ke-73 di antaranya Presiden AS Donald Trump, Presiden Brasil Michel Temer, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Presiden Prancis Emmanuel Macron, dan PM Inggris Theresa May.
(rna/nkn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed