DetikNews
Selasa 25 September 2018, 17:16 WIB

Istri Ponakan Novanto Bela Suami soal Duit e-KTP ke Anak Chairuman

Faiq Hidayat - detikNews
Istri Ponakan Novanto Bela Suami soal Duit e-KTP ke Anak Chairuman Keponakan Setya Novanto, Irvanto Hendra Pambudi Cahyo. (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Istri Irvanto Hendra Pambudi Cahyo, Marlina Erni, membela suaminya soal keterangan pemberian uang ke mantan Ketua Komisi II DPR Chairuman Harahap melalui anaknya, Diatce Gunungtua Harahap. Marlina mengaku melihat langsung ketika suaminya yang juga keponakan Setya Novanto itu memberikan bungkusan berisi uang.

Hal itu disampaikan Marlina melalui surat pernyataan yang dibacakan salah satu pengacara Irvanto dalam persidangan di Pengadilan Tipikor Jakarta. Surat itu dibacakan setelah Diatce--yang dihadirkan dalam persidangan--membantah pernah menerima uang dari Irvanto.

"Suami saya pernah bertemu dengan anak laki-laki Chairuman Harahap yang punya nama panggilan Atje, lengkapnya Diatje Gunungtua Harahap. Pertemuan itu di Kafe Victoria, Pondok Indah Mall 2, sore menjelang malam," ucap Marlina dalam suratnya yang dibacakan dalam sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Selasa (25/9/2018).




Namun Marlina tidak menuliskan waktu pertemuan Irvanto dengan Diatje. Yang pasti, menurutnya, dia melihat langsung ketika Irvanto memberikan bungkusan kertas atau paper bag berisi uang ke Diatje.

"Saya melihat suami saya menyerahkan paper bag kepada Atje, namun tidak tahu pecahan mata uang apa. Paper bag itu, setahu saya, untuk Chairuman," ucap pengacara menirukan pernyataan Marlina.

Masih dalam surat itu, tujuan Marlina membuat surat pernyataan tersebut adalah membantu penyidik dan jaksa KPK menangani perkara itu. Surat itu juga bisa menjadi bahan pertimbangan jaksa KPK untuk meringankan hukuman suaminya.

Dalam perkara ini, Irvanto bersama-sama orang kepercayaan Novanto, Made Oka Masagung, didakwa turut melakukan korupsi proyek e-KTP. Keduanya juga disebut berperan sebagai perantara pembagian duit 'haram' dari proyek itu. Baik Irvanto maupun Made Oka disebut jaksa menerima uang yang ditujukan bagi Novanto.



Tonton juga 'Cabut BAP, Irvanto Bantah Terima USD 500 Ribu dari Fayakhun':

[Gambas:Video 20detik]


(fai/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed