DetikNews
Selasa 25 September 2018, 16:11 WIB

Zulkifli Disoraki Mahasiswa Saat Promo Prabowo-Sandi, Ini Kata PAN

Elza Astari Retaduari - detikNews
Zulkifli Disoraki Mahasiswa Saat Promo Prabowo-Sandi, Ini Kata PAN Zulkifli Hasan dan Sandiaga Uno di UMP. (Arbi Anugrah/detikcom)
Jakarta - Ketua MPR Zulkifli Hasan disoraki mahasiswa di Purwokerto saat mempromosikan pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. PAN angkat bicara soal hal ini.

"Mahasiswa dalam berbagai kesempatan biasa menunjukkan ekspresinya. Saya kira, ekspresi itu bisa juga ditafsirkan sebagai ekspresi rasa suka dan senang. Tidak perlu dipersoalkan terlalu berlebihan," ujar Wasekjen PAN Saleh Partaonan Daulay saat dihubungi detikcom, Selasa (25/9/2018).

Zulkifli, yang juga Ketum PAN, disoraki saat mengisi seminar kebangsaan bertajuk 'Masa Depan Ekonomi Pancasila dan Tantangan Startup Wirausaha di Era Generasi Millenial' di Hotel Karlita, Purwokerto, Jawa Tengah, Selasa (25/9/2018). Dalam seminar itu, hadir ribuan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP).

Setidaknya ada tiga kali sorakan dari mahasiswa kepada Zulkifli. Sorakan tersebut bernada konotatif atau negatif. Pada kesempatan itu, turut hadir pula Sandiaga, yang merupakan cawapres pendamping Prabowo Subianto di Pilpres 2019.


Saleh pun membela pasangan capres-cawapres yang diusung partainya. Menurut dia, banyak pula mahasiswa yang antusias menyambut Sandiaga Uno.

"Di banyak universitas, mahasiswa banyak yang antusias menyambut Sandiaga Uno. Bahkan kadang-kadang (Sandiaga) tidak sempat melayani semua mereka yang ingin bertanya dan juga ber-selfie," ujar Saleh.

Anggota DPR RI ini juga menilai mahasiswa UMP antusias menyambut Sandiaga yang didampingi ketumnya. Menurut Saleh, wajar apabila ada beberapa mahasiswa yang tidak suka.

Zulkifli Disoraki Mahasiswa Saat Promo Prabowo-Sandi, Ini Kata PANSaleh Daulay (Lamhot Aritonang/detikcom)

"Hari ini pun saya melihat mahasiswa juga antusias. Kalau ada sorakan sedikit, ya biasalah. Namanya acaranya natural. Tidak diatur-atur. Dibuat mengalir apa adanya. Wajar kalau ada satu dua yang bersorak. Kita santai aja kalau ada hal itu," tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, sejumlah mahasiswa UMP menyoraki Zulkifli, yang menyisipkan promosi pasangan Prabowo-Sandiaga ketika mengisi seminar. Sorakan berlangsung sebanyak tiga kali.

Sorakan pertama berlangsung ketika Zulkifli berbicara mengenai peran-peran penting mahasiswa di republik ini. Mahasiswa, menurutnya, adalah agen perubahan yang bertanggung jawab menentukan masa depan.

Namun, saat Zulkifli belum selesai mengatakan, "Kalau nanti Prabowo-Sandi jadi presiden dan wakil presiden...," mahasiswa UMP langsung menyoraki dengan mengatakan. "Huuuu!!".


Zulkifli kembali masuk pada tema tapi kemudian kembali menyinggung pilpres. "Dan yang terakhir kali, nanti presidennya Prabowo dan Sandi...," kata Zulkifli. Serempak kor, "Huuuuuu...," dari para mahasiswa kembali bergema.

Terakhir, Zulkifli menyemangati mahasiswa untuk berwirausaha. Namun pada saat akhir, Zulkifli kembali menyinggung pilpres. Kali ini dia hanya menyebut nama Sandiaga Uno sebagai cawapres. "Kalau wakil presiden, Sandi...." Sontak, "Huuuu...," dari mahasiswa kembali bergema.

Meski begitu, ada juga mahasiswa yang memberi dukungan untuk Sandiaga yang ikut dalam seminar itu. Hal tersebut terjadi ketika Zulkifli mempromosikan Sandiaga.

"Cocok. Setuju?" ucap Zulkifli diamini sejumlah mahasiswa.



Saksikan juga video 'Kata Zulkifli Hasan, Pilpres Bukan Ajang Umbar Kebencian':

[Gambas:Video 20detik]


(elz/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed