DetikNews
Selasa 25 September 2018, 15:36 WIB

Caleg Hanura-Golkar di Palopo Terancam Tak Bisa Ikut Pemilu

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
Caleg Hanura-Golkar di Palopo Terancam Tak Bisa Ikut Pemilu ilustrasi pemilu (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Makassar - KPU Provinsi Sulsel tidak menerima laporan dana kampanye (LADK) milik calon legislatif (caleg) dari Partai Golkar dan Partai Hanura di Kotamadya Palopo, Sulsel. Alhasil, caleg dari 2 partai ini terancam tidak dapat mengikuti putaran Pemilu 2019.

"Jadi LADK tidak diterima, sehingga nanti diserahkan berkas acara ke partai," kata komisioner KPU Asram Jaya di kantor KPU Provinsi Sulsel, Jalan Andi Petterani, Makassar, Selasa (25/9/2018).

KPU tidak mau terima laporan caleg dari 2 parpol itu karena terlambat. Harusnya penerimaan LADK paling lambat diterima KPU pada Minggu (23/9) pukul 18.00 WITA tapi kedua partai itu malah terlambat beberapa jam.



"Setelah berkas acara diserahkan, kemudian ada upaya proses. Silahkan ajukan Bawaslu dan melakukan proses mediasi," sambungnya.

Proses mediasi ini, kata Asram dapat dilakukan oleh partai yang bersangkutan setelah nantinya menerima berkas acara dari KPU Provinsi Sulsel.

Asram menambahkan, bagi partai yang telah menyerahkan laporan LADK nya masih memiliki waktu hingga 27 September untuk melakukan perbaikan ke KPU.



Penolakan ini didasarkan pada sidang Pleno yang dilakukan oleh KPU Provinsi Sulsel. Disebutkan Golkar dan Hanura terlambat menyerahkan LADK hingga batas akhir penyetoran pada Minggu (23/9) kemarin. Berdasarkan UU Nomor 7 tahun 2017 tentang pemilu, pasal 338 ayat 1 untuk caleg dari partai politik, dan ayat 2 untuk caleg Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Pada pasal 338 ayat 1 itu disebutkan bahwa jika pengurus Parpol peserta pemilu tingkat pusat, provinsi, dan kabupaten/kota tidak menyampaikan LADK di KPU sampai batas waktu sebagaimana dimaksud dalam pasal 335 ayat 2; partai politik yang bersangkutan dikenai sanksi berupa pembatalan sebagai peserta pemilu pada wilayah yang bersangkutan.


(fiq/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed