DetikNews
Selasa 25 September 2018, 11:31 WIB

BRI: Didin yang Kehilangan Rp 87 Juta di Rekening Korban Penipuan

Fajar Pratama - detikNews
BRI: Didin yang Kehilangan Rp 87 Juta di Rekening Korban Penipuan Ilustrasi internet banking/Foto: GettyImages
Jakarta - Bank Rakyat Indonesia (BRI) melakukan penelusuran mengenai kasus hilangnya uang Rp 87 juta di rekening Didin Irinawati. Bank pelat merah itu menyimpulkan Didin menjadi korban penipuan dengan modus pencurian data.

Hasil penelusuran BRI, pada tanggal 25 Desember 2017 rekening nasabah atas nama Didin Irianawati tercatat ada transaksi senilai Rp87.654.321. Uang tersebut diambil melalui internet banking BRI.

Setelah dilakukan penelusuran oleh Bank BRI, transaksi tersebut dinyatakan berhasil terverifikasi dan sah karena menggunakan token melalui nomor HP yang telah didaftarkan.

"Atas kondisi tersebut diatas, Bank BRI menyimpulkan bahwa nasabah atas nama Didin Irianawati merupakan korban penipuan dengan modus pencurian data melalui panggilan telepon," ujar Corporate Secretary Bank BRI, Bambang Tribaroto dalam keterangannya, Selasa (25/9/2018).

Saat ini kasus tersebut sedang diusut oleh polisi. Di sisi lain, BRI mengimbau kepada setiap nasabahnya untuk menjaga kerahasiaan data pribadi.



"Serta waspada apabila ada pihak tidak dikenal mengatasnamakan BRI berpura pura menanyakan hal hal yang bersifat rahasia," tutur Bambang.

Peristiwa itu bermula saat Didin Irianawati dan keluarganya sedang makan 25 Desember 2017 pukul 11.53 WIB. Saat itu, korban menerima telepon yang mengaku call center BRI.

Waktu itu korban dan keluarganya sedang makan. Ada telepon masuk ke nomor korban dan terus mengatakan dari call center BRI. Pihak penelepon mengetahui nama lengkap dan alamat si korban.

"Penelepon tahu nama lengkap ibu saya dan alamat kami. Saya tambah curiga saat penelepon ini minta nomor token, akhirnya teleponnya saya tutup," terang anak korban, Alfian Bayu Wicaksono (25) kepada detikcom, Senin (24/9/2018).

"Karena posisinya kami sekeluarga berkumpul dan makan bersama jadi saya tahu persis ibu maupun saya tidak memberikan info token," jelasnya.

Jam 11.52 informasi yang ia dapat dari salah satu temannya yang bekerja di bank, rekening ibunya menransfer uang ke rekening orang lain atas nama Hendra Mulyana sebesar Rp 87.654.321,-



Tonton juga 'Antisipasi Penipuan, Kominfo Syaratkan Ini':

[Gambas:Video 20detik]


(fjp/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed