DetikNews
Selasa 25 September 2018, 10:45 WIB

Laporan Dari New York

JK: Indonesia Targetkan Sampah Laut Berkurang 75% di 2025

Rina Atriana - detikNews
JK: Indonesia Targetkan Sampah Laut Berkurang 75% di 2025 Foto: Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla menyinggung sejumlah upaya Indonesia untuk mencapai pembangunan ekonomi kelautan yang berkelanjutan.Foto: Dok. Setwapres
New York - Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla menyinggung sejumlah upaya Indonesia untuk mencapai pembangunan ekonomi kelautan yang berkelanjutan. Salah satunya dengan membuat Kebijakan Kelautan Nasional (Indonesia Ocean Policy) baru untuk di antaranya mengurangi sampah laut hingga 75% di tahun 2025.

"Indonesia baru-baru ini meluncurkan Kebijakan Kelautan Nasional, yang akan berkontribusi terhadap implementasi konkret Global Maritime Fulcrum (titik tumpu maritim dunia)," kata JK.

 "Kebijakan Kelautan Nasional (KKN) bertujuan antara lain mengurangi 75% sampah plastik laut pada tahun 2025, dan menyusun Rencana Aksi Nasional terkait yang menguraikan upaya kolektif di tingkat regional dan nasional," tutur JK. Foto: Foto: Dok. Setwapres


Hal tersebut disampaikan JK saat berbicara di pertemuan tingkat tinggi terkait pembangunan ekonomi kelautan berkelanjutan di Museum of Modern Art, New York, Selasa (24/9/2018).



"Kebijakan Kelautan Nasional (KKN) bertujuan antara lain mengurangi 75% sampah plastik laut pada tahun 2025, dan menyusun Rencana Aksi Nasional terkait yang menguraikan upaya kolektif di tingkat regional dan nasional," tutur JK.

"Menegakkan peraturan tentang penangkapan ikan ilegal, tidak dilaporkan, dan tidak diatur dan menyelesaikan lebih dari 20 juta kilometer persegi dari kawasan konservasi laut," jelasnya.


Selain membuat KKN, untuk mencapai pembangunan ekonomi kelautan yang berkelanjutan, Indonesia coba menyelaraskan komitmen politik regional dan global.

"Dengan mengembangkan platform bersama untuk interaksi dan pertukaran, kami menciptakan sarana untuk mengimplementasikan komitmen kami melalui tindakan nyata," ujar JK.

Indonesia coba menyelaraskan komitmen politik regional dan global.Indonesia coba menyelaraskan komitmen politik regional dan global. Foto: Foto: Dok. Setwapres


"Upaya kami untuk lautan yang sehat membutuhkan kemitraan dan kolaborasi dari semua pemangku kepentingan," imbuhnya.

Dalam forum tersebut, JK ditemani Menteri KKP Susi Pudjiastuti. JK juga sempat menyinggung soal Indonesia yang akan menjadi tuan rumah Our Ocean Conference 2018 pada 29-30 Oktober mendatang di Bali. Serta akan mengorganisasi Archipelagic Island States Forum pada 1-2 November 2018 di Manado.


(rna/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed