DetikNews
Selasa 25 September 2018, 10:38 WIB

Alex Noerdin Beberkan Rahasia Pimpin Sumsel 10 Tahun

Akfa Nasrulhak - detikNews
Alex Noerdin Beberkan Rahasia Pimpin Sumsel 10 Tahun Foto: APPSI
Jakarta - Gubernur Sumatera Selatan periode 2008-2018 Alex Noerdin mengungkapkan perjalanannya selama 10 tahun memimpin Sumsel. Alex mengungkapkan kunci keberhasilannya memimpin Sumsel adalah ia berangkat dari bawah sebagai birokrat sehingga menguasai tata kelola pemerintahan dengan baik.

"Merangkak dari bawah, dari pangkat paling rendah ke pangkat paling tinggi, saya mulai dari staf, kepala seksi, kepala bidang, Kepala Bappeda. Selain itu, sejak dari bawah selalu blusukan keliling, oleh karena itu paham apa yang dibutuhkan rakyat dan kita tahu prioritas pembangunan," ujar Alex dalam keterangan tertulis, Selasa (25/9/2018).



Alex, yang menerima Tim Ekspedisi 34 Gubernur dari Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) di Rumah Dinas Gubernur, menyebut, selama masa kepemimpinannya, Pemprov Sumsel melakukan perbaikan secara komprehensif karena selalu mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

"Benar menyeluruh karena kami (Pemprov Sumsel) berhasil memenuhi segala aspek acuan pembangunan daerah dari Bappenas," ujar Alex.

Prioritas pembangunan mantan Bupati Musi Banyuasin itu selama memimpin Sumsel meliputi 3 aspek, yakni pendidikan, kesehatan, dan lapangan kerja.

"Tiga prioritas itu bermuara pada peningkatan kualitas SDM, kita buka akses pendidikan selebar-lebarnya gratis dari jenjang SD sampai SMA. Lalu akses kesehatan berobat gratis untuk semua orang kita buka, bahkan sebelum ada BPJS. Dan terakhir kita buka investasi sebesar-besarnya untuk membuka lapangan kerja," tutur Alex.



Di antara strategi Alex dalam membuka investasi dan mengundang investor adalah memilih sektor olahraga agar Sumsel dikenal dunia.

"Orang mau investasi kalau kondisi suatu daerah kondusif dan memadai, kita pilih sektor olahraga untuk buktikan itu. Kita mulai dari PON, berlanjut SEA Games, lalu Islamic Solidarity Games, lanjut berbagai event olahraga dunia dan puncaknya kemarin, Asian Games," jelas Alex.

Bahkan Alex menyebut, pada 2020, di Jakabaring Sport City akan diselenggarakan MotoGP untuk pertama kalinya di Indonesia. Menurut Alex, berbagai acara olahraga kelas dunia itu dapat mengundang investasi tanpa perlu melakukan roadshow kepada para investor.

Dan dari acara olahraga tersebut, Alex menyampaikan pembangunan Sumsel bisa diakselerasi, antara lain dengan dibangunnya LRT pertama di Indonesia. Selain itu, sektor pariwisata dan perekonomian terus bergeliat seiring dengan semakin banyaknya orang datang ke Sumsel. Informasi lebih lengkap tentang APPSI lihat di sini.
(mul/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed