DetikNews
Selasa 25 September 2018, 08:05 WIB

Ilegal Fishing, Kapal Vietnam Ditangkap di Perairan Anambas

Eva Safitri - detikNews
Ilegal Fishing, Kapal Vietnam Ditangkap di Perairan Anambas Ilustrasi kapal Foto: istimewa
Riau - Komando Armada I menangkap kapal berbendera Vietnam di perairan Anambas, Kepulauan Riau. Kapal diduga menangkap ikan secara ilegal dan tidak memiliki dokumen.

"Kapal Republik Indonesia (KRI) Sutedi Senoputra (SSA)-378 menangkap Satu Buah Kapal Ikan Asing (KIA) berbendera Vietnam di Perairan Anambas pada Minggu (23/9) yang bermuatan 5 ton ikan campuran" ujar Komandan KRI SSA-378, Letkol Laut (P) Zulfahmi, melalui keterangan tertulis yang diterima detikcom, Selasa (25/9/2018).


Kapal Ikan Vietnam tersebut ditangkap pada posisi enam (6) Nautical Mile (NM) di dalam Kontinen Indonesia tepatnya pada posisi 04.48.52 U - 105.19.59 T. Zulfahmi awalnya mendapati kapal ikan itu dengan gerak yang mencurigakan.

"KRI SSA-378 melihat di Radar Kapal tersebut menambah kecepatan menjadi empat (4) Knot dan mengubah haluan menjadi 290," jelasnya.

Ketika dilakukan pengejaran, kapal ikan tersebut berubah haluan. Setelah dilakukan kontak menggunakan radio pun jelas Zulfahmi, tidak mendapat jawaban.

"Akhirnya kami beri tembakan peringatan ke udara menggunakan senjata jenis SS1 milik KRI SSA-378 sebanyak empat kali, kapal berbendera Vietnam itu berhasil dihentikan," ungkapnya.


Saat dilakukan pemeriksaan kapal itu memiliki ijin resmi dari pemerintah RI. Sehingga diduga melakukan ilegal fishing di landas kontinen Indonesia.

"Kemudian kapal kami kawal menuju Lanal Tarempa untuk proses lebih lanjut karena diduga keras telah melaksanakan illegal fishing," tutur Zulfahmi.

Sementara dilakukan penahanan terhadap kapal tesebut dengan 11 ABK WN Vietnam (termasuk nahkoda). Pasal yang dikenakan yaitu Pasal 92 Jo 26 ayat (1) UU RI No 31 tahun 2004 tentang Perikanan (SIUP) dan pasal 93 ayat (2) Jo pasal 27 ayat (2) UU RI no 45 tahun 2009 tentang perubahan atas UU RI No 31 tahun 2004 tentang Perikanan (SIPI).



Saksikan juga video 'Susi: Illegal Fishing Banyak Ditumpangi Kejahatan Penyelundupan':

[Gambas:Video 20detik]


(aan/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed