DetikNews
Selasa 25 September 2018, 07:10 WIB

Dana Awal Kampanye Jokowi-Ma'ruf Vs Prabowo-Sandiaga

Rivki - detikNews
Dana Awal Kampanye Jokowi-Maruf Vs Prabowo-Sandiaga Prabowo-Sandi dan Jokowi-Ma'ruf (Foto: Instagram @sandiuno)
Jakarta - Dua pasangan capres-cawapres peserta Pilpres 2019 telah melaporkan dana awal kampanyenya. Hasil sementara angka dana awal kampanye Prabowo Subianto-Sandiaga Uno lebih kecil dari pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin.

Dirangkum detikcom, Senin (24/9/2018), dana awal kampanye Jokowi-Ma'ruf Amin: Rp 11,9 miliar. Sedangkan dana awal kampanye Prabowo Subianto-Sandiaga Uno: Rp 2 miliar.

Timses Jokowi-Ma'ruf mengatakan besaran dana Rp 11,9 miliar tersebut berasal dari sumbangan partai politik koalisi dan perusahaan. Dana kampanye sebesar Rp 8,5 miliar ada di kas rekening khusus, sementara Rp 3,4 miliar dana yang diperuntukkan membeli barang dan kas tim kampanye.



"Saldo awal per 20 September 2018 sampai 22 September 2018 tercatat total Rp 11,9 miliar," kata Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto.

Sementara itu, timses Prabowo-Sandi mengatakan dana Rp 2 miliar itu berasal dari duit pribadi pasangan calon. Prabowo dan Sandi masing-masing menyumbang Rp 1 miliar.

Ketua DPP Gerindra Habiburokhman, mengklaim Prabowo-Sandi didukung rakyat kecil. Karenanya, dana awal kampanye begitu kecil ketimbang pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin yang mencapai Rp 11,9 miliar.



"Pendukung kami adalah rakyat kecil. Tapi kami yakin dengan dana yang kecil tak sebesar mereka dana awal, kami akan berkampanye secara efektif dan low cost karena Pak Prabowo, kami, akan menghindari acara-acara di hotel mewah menghindari deklarasi yang biaya," ucap Habiburokhman terpisah.



Saksikan juga video 'Dana Kampanye Awal Tak Sebesar Petahana, Fadli Zon: Wajar':

[Gambas:Video 20detik]


(rvk/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed