DetikNews
Selasa 25 September 2018, 02:30 WIB

Laporan Dari New York

Menlu: Harus Ada Kepemimpinan Global Agar Dunia Damai

Rina Atriana - detikNews
Menlu: Harus Ada Kepemimpinan Global Agar Dunia Damai Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi (Rina Atriana/detikcom)
Jakarta - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menyebut perdamaian dunia masih menjadi fokus Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tahun ini. Agar hal tersebut bisa tercapai, maka diperlukan adanya kepemimpinan global.

"UN (PBB) khusus tahun ini call for global leadership. Kita tidak bisa menciptakan perdamaian, prosperity dunia, hanya dengan leadership satu-dua negara. Kita perlu satu global leadership," kata Menlu Retno di sela Mandela Peace Summit di Markas Besar PBB, New York, Senin (24/9/2018).



Menurut Retno, tantangan PBB salah satunya adalah menghilangkan rasa eksklusivitas antarnegara. Menurutnya, ketertutupan antara negara satu dengan yang lainnya tersebut seakan menjadi tren akhir-akhir ini.

"Sekarang ini ada kecenderungan untuk eksklusivisme, ultranationalism, yang tren ini merupakan tantangan baru bagi UN (United Nation/PBB) karena UN mandatnya adalah memelihara perdamaian, menciptakan kesejahteraan pada dunia," tutur Menlu.



"Kalau tidak ada kesejahteraan, tidak ada equal benefit dari kegiatan ekonomi, maka akan sulit kita menciptakan perdamaian. Ini tantangan yang dihadapi UN," jelasnya.

Menlu Retno bersama Wapres Jusuf Kalla dan Menko PMK Puan Maharani serta sejumlah pejabat lain menghadiri Mandela Peace Summit di Markas PBB, New York. Summit ini dalam rangka mengenang 100 tahun Mandela. Sidang Umum PBB sendiri akan dibuka pada Selasa (25/9) besok.



Saksikan juga video 'Blak-blakan Menlu Retno, Kiprah RI Damaikan Dunia':

[Gambas:Video 20detik]


(rna/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed