DetikNews
Selasa 25 September 2018, 00:21 WIB

Laporan Dari New York

JK: Nelson Mandela Ajarkan Kita Nilai Keadilan dan Rekonsiliasi

Rina Atriana - detikNews
JK: Nelson Mandela Ajarkan Kita Nilai Keadilan dan Rekonsiliasi Wapres JK di Mandela Peace Summit (Rina Atriana/detikcom)
New York - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menghadiri Mandela Peace Summit dalam rangka mengenang 100 tahun Nelson Mandela. JK menyatakan, Mandela mengajarinya nilai tentang keadilan dan rekonsiliasi.

"Nelson Mandela mengajarkan kita nilai-nilai keadilan dan rekonsiliasi. Perjuangannya melawan apartheid menunjukkan pada kita apa artinya membebaskan diri dari diskriminasi," kata JK dalam pidatonya di Mandela Peace Summit di Markas PBB, New York, Senin (24/9/2018).



"Untuk menghormati hak asasi manusia dan martabat, terlepas dari perbedaan dalam warna kulit kita, agana, kebangsaan, dan status sosial," jelasnya.

JK menyatakan, Mandela menginspirasi dengan banyak cara dan banyak orang. Inspirasi dari Mandela menggaung hingga penjuru dunia.

"Hari ini, kita merayakan warisan Presiden Nelson Mandela. Banyak cara dia terus menginspirasi kita. Bukan hanya sesama orang Afrika Selatan, tetapi juga orang-orang dari berbagai penjuru dunia," tutur JK.



Menurut JK, secara pribadi Mandela merupakan sosok yang tenang namun memiliki keyakinan yang teguh.

"Saya beruntung bertemu dengannya pada tahun 2003. Saya ingat dia sebagai pribadi dengan karakter yang tenang. Seorang tokoh sederhana, tetapi kuat dalam keyakinan. Saya juga sangat menyukai kaos batik kesayangannya yang berwarna-warni, yang mencerminkan semangatnya yang semarak," papar JK.

JK dalam menghadiri KTT Perdamaian Nelson Mandela ini ditemani Menko PMK Puan Maharani, Menlu Retno Marsudi, dan sejumlah pejabat lain. Mandela Summit menjadi acara pertama JK dalam kunjungan kerjanya ke New York. Selama 4 hari ke depan, JK akan menghadiri sejumlah acara lain, di antaranya Sidang Umum PBB ke-73.



Saksikan juga video 'Momen Kedekatan Nelson Mandela dan Para Selebriti':

[Gambas:Video 20detik]


(rna/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed