DetikNews
Senin 24 September 2018, 21:45 WIB

Erick Thohir: Kadin akan Beri Masukan Bidang Ekonomi ke Jokowi

Ray Jordan - detikNews
Erick Thohir: Kadin akan Beri Masukan Bidang Ekonomi ke Jokowi Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-KH Ma'ruf Amin Erick Thohir (Foto: Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menghadiri acara syukuran dan peringatan Hari Ulang Tahun ke-50 Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia. Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-KH Ma'ruf Amin Erick Thohir mengatakan nantinya Kadin akan memberikan masukan-masukan terutama dalam bidang ekonomi untuk Jokowi.

"Ya harus (memberikan masukan). Namanya juga dalam membangun sebuah bangsa itu perlu dukungan semua pihak, nggak mungkin karena seseorang atau individu, tapi berkelompok lebih bagus berkolaborasi. Ya memang eranya sekarang," kata Erick di acara syukuran dan peringatan HUT ke-50 Kadin Indonesia di Hotel Ritz Carlton, Pacific Place SCBD, Jakarta Selatan, Senin (24/9/2018).

Erick mengatakan dengan masuknya Ketua Umum Kadin Rosan Roeslani dan Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Bahlil Lahadalia ke TKN Jokowi-Ma'ruf Amin, akan membawa angin segar terutama untuk masukan-masukan pada bidang ekonomi. Bergabungnya Rosan dan Bahlil pun menambah pakar ekonomi yang diharapkan bisa mendukung efektivitas program Jokowi-Ma'ruf.


"Memang di TKN itu kita perlu banyak ahli-ahli, pakar-pakar, sehingga kita dalam mensosialisasikan daripada visi-misi capres dan cawapres itu penting. Tentu dengan masuknya tadi Pak Roslan yang kebetulan pada saat itu Ketua Kadin, dan Bahlil yang juga Ketua Hipmi, ini kan menambah proporsional daripada orang-orang yang mengerti di dunia bisnis secara riil, secara aktif. Jadi bukan hanya teori," katanya.

Erick menambahkan, masuknya Rosan dan Bahlil juga senafas dengan program yang akan diluncurkan TKN. Erick yang juga anggota Kadin mengatakan Jokowi-Ma'ruf menyasar para entrepreneur untuk terus berkembang.


"Saya rasa ini bagus karena tidak lain memang program daripada yang kita mau luncurkan sendiri adalah bagaimana entrepreneur-entrepreneur ini terus berkembang. Jumlah entrepreneur di Indonesia sangat kurang dibanding negara lain, bagaimana kita mau creating job atau membuka lapangan pekerjaan baru kalau jumlah entrepreneur-nya terbatas. Nah, ini kita ingin mendorong hal itu, selain tentu dari hal pemikiran-pemikiran ekonomi yang lebih positif juga, yang sudah sangat baik. Tapi musti lebih baik. Karena kan kita mau Indonesia maju," jelasnya.

Sementara itu, anggota Kadin yang juga anggota DPR RI dari PDIP Maruarar Sirait mengatakan kehadiran Jokowi ke acara syukuran dan HUT Kadin malam ini sebagai bentuk penghargaan kepada Kadin. Maruarar mengatakan Jokowi concern dengan petumbuhan jumlah pengusaha di Indonesia.

"Ini kan Pak Jokowi sangat menghargai Kadin dan Hipmi, karena tahu betul jumlah pengusaha itu masih sangat sedikit. Ada Hipmi Go to School, ada Hipmi Go to Campus, kemudian juga tentu bagaimana pertumbuhan bisa ditingkatkan. Dan juga bagaimana pemerataan bisa dilakukan. Isu-isu ini tentu isu yang strategis harus dilakukan. Dan kebijakan-kebijakan yang harus disusun dengan intensif kepada para pengusaha," kata Maruarar di lokasi yang sama.


Maruarar juga bicara soal masuknya Erick Thohir sebagai Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf Amin. Dia menilai, pengusaha nasional itu merupakan figur yang bisa dipercaya dan bersih. Maruarar juga menilai Erick sosok yang bisa diterima publik.

"Pak Erick adalah figur yang bisa dipercaya, figur yang bersih, temannya banyak, gaul abis, dan kita yakin bisa memberikan nilai tambah kepada Pak Jokowi. Karena dia mengerti pasar, dia juga pengusaha di bidang media. Dia mengerti betul market-nya seperti apa. Dan sekarang kan nggak bisa mengambil kebijakan strategis atau program dan orang-orang yang kita tugaskan juga harus bisa diterima oleh market. Dan itu yang akan menjadi hal baru dari sosok Pak Erick. Kita juga sempat berbicara bagaimana membuat strategi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan market yang ada di Indonesia," jelasnya.
(rjo/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed