DetikNews
Senin 24 September 2018, 15:10 WIB

Haringga The Jak Tewas, Anang Minta Suporter Bola Diberi Pembinaan

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Haringga The Jak Tewas, Anang Minta Suporter Bola Diberi Pembinaan Foto: Pemakaman Haringga Sirla (Azizah-detik)
Jakarta - Suporter Persija Haringga Sirila tewas dianiaya oknum bobotoh sebelum laga Persib versus Persija di Stadion GBLA, Minggu (23/9). Anggota Komisi X DPR Anang Hermansyah meminta ada perubahan dalam tata kelola suporter.

"Pengelolaan suporter sepakbola harus melibatkan tiga pihak sekaligus yakni organisasi suporter, pemilik klub sepakbola dan pemerintah daerah (pemda)," ujar Anang dalam keterangannya, Senin (24/9/2018).



Anang meminta tiga pihak tersebut serius mengurusi suporter. Dia meminta koordinasi tak hanya dilakukan secara seremonial.

"Koordinasi itu sifatnya bukan seremonial, tapi menyangkut pembinaan termasuk diarahkan pada hal-hal kreatif lainnya," sebut Anang.

Anang menyebut, jika pengelolaan suporter sepakbola berjalan profesional maka dampak turunannya akan memberi nilai positif baik bagi anggota suporter, organsiasi suporter, klub sepakbola termasuk pemerintah daerah.



"Bisa dibayangkan jumlah suporter yang banyak itu jika energinya dimanfaatkan untuk hal yang positif tentu ini akan memberi nilai tambah yang positif," tegas Anang.

Dilanjutkan Anang, kegiatan positif suporter dapat diarahkan pada kegiatan kreatif yang memiliki nilai ekonomi yang tidak kecil. Bagi Anang, kekerasan di dunia sepakbola mesti dihilangkan.

"Mari kita pikirkan untuk mengarahkan mereka pada aktivitas kreatif, mengikuti pelatihan peningkatan keterampilan, termasuk mendorong lahirnya kreator-kreator baru yang dikolaborasikan dengan hobi olahraganya," sebut Anang.



Tonton juga 'Viking Bicara Tewasnya Suporter Persija oleh Oknum Bobotoh':

[Gambas:Video 20detik]


(gbr/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed