DetikNews
Senin 24 September 2018, 14:01 WIB

Viral Video Kampanye Jokowi, Jawab Sosok Ayah ala Biskuit Khong Guan

Niken Purnamasari - detikNews
Viral Video Kampanye Jokowi, Jawab Sosok Ayah ala Biskuit Khong Guan Foto: Screenshot Video
Jakarta - Keberadaan sosok ayah di kaleng biskuit Khong Guan kerap dipertanyakan. Bahkan netizen dengan kreatif membuat meme untuk menjawab misteri sosok ayah di kaleng biskuit Khong Guan.

Misteri sosok ayah di kaleng biskuit Khong Guan itu digunakan sebagai bahan materi kampanye Jokowi-Ma'ruf. Dalam video yang beredar di Twitter, terlihat seorang ibu beserta anak laki-laki dan perempuan yang berada di satu meja. Persis gambar di kaleng biskuit.



Dengan latar belakang suara dan intonasi mirip di sinetron, ibu yang berbaju putih tampak terheran-heran atas sikap kedua anaknya yang tampak murung. Ibu itu bertanya kepada anak-anak tersebut apa yang membuat mereka murung.


"Sepertinya ada sesuatu. Kenapa kalian malah sedih? Apa yang membebani pikiran kalian?" tanya ibu itu.

"Sesungguhnya kami malu, Bu. Kami malu pada netizen," kata anak laki-laki berbaju merah.

"Netizen selalu mempertanyakan ayah yang tidak pernah kelihatan tapi kita selalu makan enak," sambung anak perempuan yang berbaju kuning.

Mendengar jawaban kedua anak itu, sang ibu mengungkapkan alasan ketidakhadiran ayah mereka. Semula ibu itu takut menjawab karena akan dikira melakukan kampanye. Dia menjelaskan ayah telah bekerja karena program dari pemerintah.

"Sebenarnya Ibu ingin mengatakan yang sesungguhnya pada kalian tapi ibu takut. Ibu takut dibilang kampanye. Ayahmu sekarang tidak nganggur lagi, Nak. Dia sedang bekerja karena pemerintah berhasil menurunkan angka pengangguran hingga 5,13 persen. Selain itu, pemerintah berhasil menekan angka kemiskinan hingga 1 digit terendah dalam sejarah republik. Itu makanya kita bisa makan lebih enak," kata si ibu.

"Ibu jangan takut, Bu. Jangan takut dibilang kampanye karena Ibu sudah menjawab yang sebenarnya. Menjawab kecurigaan netizen," kata si anak perempuan.

Di akhir video, ditampilkan gambar Jokowi dan Ma'ruf Amin beserta tanda pagar IndonesiaMaju dan JokowiLagi.


Terungkap! Ini Alasan Sosok Ayah Biskuit Khong Guan Misterius, tonton videonya di sini:

[Gambas:Video 20detik]



Video tersebut banyak di-retweet oleh sejumlah influencer ataupun tokoh di Twitter. Salah satunya sutradara sekaligus stand up comedian, Ernest Prakasa.

"Kampanye kreatif begini patut dilestarikan," kata Ernest.


(nkn/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed