DetikNews
Senin 24 September 2018, 13:21 WIB

Kapolda Metro akan Tindak Anggota soal Tahanan Kep Seribu Kabur

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Kapolda Metro akan Tindak Anggota soal Tahanan Kep Seribu Kabur Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Aziz. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis memerintahkan Propam Polda Metro Jaya untuk memeriksa anggota yang bertugas saat 20 tahanan Unit Narkoba Polres Kepulauan Seribu kabur. Idham berjanji akan menindak anggota yang terbukti melanggar aturan.

"Anggota yang melaksanakan penjagaan waktu itu saya sudah perintahkan untuk periksa ke Propam, di Propam Polda. Kalau dia ada pelanggaran, ditindak. Apakah itu disiplin, apakah itu kode etik. Saya tidak bermain-main dengan hal ini. Dan tentu ini menjadikan evaluasi bagi komandannya kenapa bisa tahanan kabur," kata Idham di Mapolda Metro Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Senin (24/9/2018).

Idham mengatakan sejauh ini sudah 10 orang tahanan yang kembali ditangkap oleh petugas. Tim gabungan telah dikerahkan untuk mengejar tersangka lainnya.



"Jadi begini tersangka yang kabur tiga hari yang lalu itu di tahanan Pulau Seribu, sudah saya perintahkan Dirkrimum dan Kapolres bentuk tim untuk kejar lakukan penangkapan kembali. Sampai malam ini sudah 10 yang ketangkep dan kurang lebih sisa 10 orang lagi," tuturnya.

Peristiwa kaburnya para tahanan itu terjadi pada Jumat (21/9) lalu. Kejadian itu bermula saat salah seorang anggota piket Bripda Nanda Agustian mengantar salah seorang tahanan bernama Afroni untuk tes urine.

Namun saat kembali ke tahanan, para tahanan itu mendorong dan memukul anggota tersebut. Selanjutnya, 20 tahanan kabur secara bergerombol sampai akhirnya 10 orang tahanan kembali ditangkap.



(knv/nkn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed