DetikNews
Senin 24 September 2018, 11:16 WIB

Suporter The Jak Mania Tewas, Fadli Zon Bicara Fanatisme Berlebihan

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Suporter The Jak Mania Tewas, Fadli Zon Bicara Fanatisme Berlebihan Foto: Fadli Zon. (Andhika Prasetia/detikcom).
Jakarta - Suporter The Jak Mania Haringga Sirila tewas dikeroyok sebelum pertandingan Persib vs Persija di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Minggu (23/9). Wakil Ketua DPR Fadli Zon menyebut kejadian keributan suporter masih berulang.

"Ya saya pikir ini bukan kejadian pertama. Kan masalah olahraga apalagi sepakbola ini jadi bagian dari budaya rakyat dan biasanya sense of belonging kepada klub itu tinggi. Kalau di Inggris ada Holiganisme," kata Fadli di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (24/9/2018).

Fadli bicara soal potensi di industri sepakbola. Menurutnya, pendukung atau suporter harus dikelola dengan baik. Pengelolaan ini disebut Fadli bisa mencegah kejadian serupa terulang.




"Saya kira sudah mulai ada atributif kepada klub itu sesuatu yang potensial untuk industri sepakbola tapi ini harus di-manage dengan baik. Kalau tidak, bisa menimbulkan fanatisme yang tidak ter-manage dengan baik, perkelahian, tawuran atau kekerasan," ujar Fadli.

Fadli meminta fans club dari klub terkait melakukan pembinaan kepada suporter. Fadli menyebut, pembinaan, selain bisa menekan angka kejahatan oknum suporter, juga bisa membantu menghidupi klub sepakbola.

"Karena potensi jumlah penggemar sepakbola kita jutaan. Harusnya kita bisa membuat klub itu bisa hidup dari fansclubnya ini. Tapi di sinilah tantangannya," ucap Fadli.





Haringga Sirila tewas dikeroyok oknum Bobotoh. Haringga dikeroyok setelah oknum pendukung Persib atau Bobotoh mengetahui korban berasal dari Jakarta.

Peristiwa sadis itu berlangsung di area Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Bandung, Minggu (23/9) kemarin, sekitar pukul 13.00 WIB atau sebelum laga antara Persib vs Persija digelar.



Saksikan juga video 'Haringga Dibunuh Oknum Bobotoh, Anies Minta Jakmania Tenang':

[Gambas:Video 20detik]


(gbr/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed