DetikNews
Senin 24 September 2018, 10:10 WIB

Program Vaksin MR ke Sekolah di Pekanbaru Disetop

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Program Vaksin MR ke Sekolah di Pekanbaru Disetop ilustrasi (Foto: iStock)
Pekanbaru - Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemkot Pekanbaru menghentikan program vaksin campak/rubella (MR) di sekolah-sekolah. Namun, bagi orang tua yang anaknya mau divaksin, masih bisa mengajukan diri ke Puskesmas atau Posyandu setempat.

"Kita memang menghentikan untuk melakukan vaksin MR ke sejumlah sekolah di Pekanbaru ini. Alasan kita sempat ada pro dan kontra terkait vaksin tersebut," kata Kadiskes Pekanbaru, dr Zaini Rizaldy kepada detikcom, Senin (24/9/2018).



Zaini menjelaskan, penghentian program vaksin MR ke sekolah karena sempat ada penolakan dari orang tua murid. Selain itu ada tekanan dari LSM yang menolak program tersebut.

"Kita juga tidak mau petugas kita di lapangan menjadi konflik. Atas pertimbangan itu kita menghentikan vaksin MR ke sekolah," kata Zaini.

Namun demikian, pihak Dinkes Pekanbaru tetap memberikan kesempatan kepada pihak sekolah yang ingin siswanya mendapat vaksin. Caranya, pihak sekolah membuat surat resmi ke Puskesmas terdekat.



"Jika ada surat dari pihak sekolah, kita akan melayani program vaksin MR ke sekolah itu. Silahkan saja kalau masih ada sekolah yang mau siswanya divaksin, layangkan surat ke Puskesmas terdekat, tim kami akan datang," kata Zaini.

Untuk masyarakat yang akan memvaksin anaknya, kata Zaini, dipersilahkan datang ke Posyandu dan Puskesmas terdekat. Pelayanan vaksin MR ini akan tetap diberikan kepada masyarakat.

"Bagi warga yang mau vaksin MR untuk anaknya, dipersilahkan datang ke Posyandu dan Puskesmas. Kita masih melakukan pelayanan untuk vaksin MR," tutup Zaini.
(cha/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed