DetikNews
Minggu 23 September 2018, 17:56 WIB

Laporan Awal Dana Kampanye PBB Capai Rp 15 Miliar

Isal Mawardi - detikNews
Laporan Awal Dana Kampanye PBB Capai Rp 15 Miliar Bendahara Umum PBB Arif Muhammad. (Foto: Isal Mawardi/detik.com)
Jakarta - Laporan awal dana kampanye Partai Bulan Bintang (PBB) capai Rp 15 miliar. Dana tersebut terkumpul dari 339 calon legislatif.

"Kami telah melengkapi pelaporan dana kampanye dari 339 caleg seluruh Indonesia dari 88 dapil. Yang telah terkumpul Rp 15 miliar," kata Bendahara Umum PBB Arif Muhammad di kantor KPU RI, Jl Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (23/9/2018).


Arif menjelaskan selain dari para caleg, dana awal kampanye juga berasal dari DPP PBB. Dari DPP PBB, dana awal untuk kampanye sebesar Rp 500 juta.

"Dana awal partai 500 juta rupiah. Sisanya (dari caleg) Rp 14 miliar," terang Arif.

Arif menyebut, PBB sampai saat ini belum menerima sumbangan untuk kampanye dari pihak swasta. Namun, partai pimpinan Yusril Ihza Mahendra menargetkan pengumpulan dana kampanye Rp 1 triliun.


"Belum (ada sumbangan dari pihak swasta). Kami fokus dalam kelancaran caleg ini. Untuk bisa lolos 4 % threshold, hitungan kami (dana kampanye) sekitar Rp 1 triliun," ujar Arif.

Dari beberapa partai yang sudah menyerahkan laporan awal dana kampanye, PDIP tercatat sebagai partai dengan jumlah dana awal kampanye terbesar. Partai berlambang banteng moncong putih itu berhasil mengumpulkan dana awal kampanye sebesar Rp 105 miliar.
(zak/zak)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed