Deklarasi Kampanye Damai Usai, Wisata Monas Kembali Beroperasi

Nur Azizah - detikNews
Minggu, 23 Sep 2018 12:06 WIB
Foto: Monas kembali beroperasi (Azizah-detikcom)
Jakarta - Deklarasi Kampanye Damai yang diadakan KPU di Monumen Nasional telah selesai pagi tadi. Pengunjung yang ingin berwisata dan naik ke tugu mulai memadati area wisata Tugu Monumen Nasional.

Pantauan detikcom, Minggu (23/9/2018) pukul 11:40 WIB, pengunjung tampak memenuhi antrean di pintu masuk Tugu Monas. Antrean berjubel hingga ke area luar terowongan. Tampak dua orang petugas memberikan arahan kepada para pengunjung untuk tertib dan tidak saling dorong.


Deklarasi Kampanye Damai Usai, Wisata Monas Kembali BeroperasiFoto: Monas kembali beroperasi (Azizah-detikcom)


Salah seorang petugas, Sarih, menjelaskan area wisata Tugu Monas baru dibuka pukul 09:30 WIB pasca deklarasi selesai digelar. Sebelumnya, pengunjung hanya boleh berada di area sekitar Taman Monas dan belum diperbolehkan naik ke tugu. Beberapa pengunjung juga terlihat berfoto di depan Tugu Monas meskipun tidak naik.

Seorang pengunjung bernama Eli (30) mengaku ingin datang ke Monas untuk mengajak kedua anaknya berlibur. Eli yang berasal dari Bekasi telah tiba di area Monas sejak pukul 10:00 WIB tadi.



Senada dengan Eli, pengunjung lain bernama Marsi (56) juga ingin berlibur ke Monas. Marsi yang berasal dari Solo, Jawa Tengah ini mengaku baru pertama kali mengunjungi Monas.

"Saya pengin lihat Monas aja. Selama ini kan cuma lihat di televisi. Pengin naik ke atasnya gitu," ujar Marsi.


Simak Juga 'Ini Rute Pengalihan Arus Saat Deklarasi Kampanye Damai di Monas':

[Gambas:Video 20detik]

(rvk/zak)