DetikNews
Minggu 23 September 2018, 11:11 WIB

Seluruh Parpol di Banten-Sulsel Sepakat Ciptakan Pemilu Damai

Bahtiar, Ibnu Munsir - detikNews
Seluruh Parpol di Banten-Sulsel Sepakat Ciptakan Pemilu Damai Foto: Deklrasi pemilu damai di Sulsel (Ibnu-detik)
Jakarta - Seruan Pemilu damai, bebas hoax, bebas politisasi SARA dan anti politik uang juga datang dari Banten. Peserta pemilu mulai dari caleg, calon DPD RI dan para tim sukses diminta menyampaikan Pemilu yang berintegritas.

Masa kampanye yang dimulai hari ini Minggu (23/9/2018) sampai April tahun depan harus diisi dengan komitmen kampanye damai. Tim kampanye dan calon harus punya komitmen pada anti politik uang demi mengisi demokrasi yang bermartabat.

"Harus berkomitmen tidak melakukan kampanye kotor. Fitnah, ujaran kebencian, SARA, politik uang yang bisa mengotori marwah demokrasi," kata Ketua KPU Banten Wahyul Furqon di halaman Museum Negeri Banten, Serang.



Lepas 100 Balon, Sulsel Siap Gelar Pemilu Damai

Di Makassar, Sulsel, deklarasi damai juga digemakan. Deklarasi di Sulsel ini ditandai dengan pelepasan 100 balon keudara dan pembacaan ikrar dari 16 partai politik.

"Saya ingin sampaikan jangan kita mencederai hasil 2018. Ini karena penyelangara profesional menjaga netralitas, pihak keamanan profesional dan bisa membangun sinergi. Masyarakat sudah cerdas tidak mudah terdengar isu SARA dan hoax ini modal di Sulsel," kata Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullan disela acara.

Nurdin menyebut zona merah yang disematkan Sulsel mampu membuktikan bahwa Pilgub Sulsel aman selama penyelengaraan Pemilu berlangsung.

"Kita tidak ingin menyandang zona merah, kita ingin Sulsel ingin damai dan tahun politik tentu tidak muda, saya yakin, percaya dan bisa. Ini pengalaman pertama kita Pilres dan Pileg, keamanan dan penyelengaraan kompak terus memberikan pencerahan bagaimana warisan budaya kita saling menghargai, menyanyangi, menghormati, saya kira kita ingin jadikan Pilpres dan Pileg sebagai ajang festival gagasan," jelasnya Nurdin.

Selain melepaskan balon, Deklarasi Kampanye Pemilu Damai 2019 ini juga ditandai dengan tanda tangan dari para peserta sebagai komitmen damai. Kegiatan inipun juga digelar dengan jalan sehat bersama masyarakat dari Benteng Fort Rotterdam dan finis di Anjungan Pantai Losari Makassar.


Simak Juga 'Akrabnya Jokowi dan Prabowo Jelang Deklarasi Kampanye Damai':

[Gambas:Video 20detik]


(rvk/zak)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed