DetikNews
Sabtu 22 September 2018, 19:50 WIB

Fadli Posting 'Ternyata Mereka PKI', PDIP: Publik yang Menilai

Audrey Santoso - detikNews
Fadli Posting Ternyata Mereka PKI, PDIP: Publik yang Menilai Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (Foto: Ari Saputra)
Jakarta - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon mem-posting video yang seolah meneruskan nyanyian politik 'Potong Bebek Angsa'. Dia menyebut video yang memuat tudingan soal PKI itu sebagai video kreatif. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan masyarakat yang menilai sikap Fadli.

"Ya kalau pimpinannya sudah berkampanye, kampanye baik, tidak menghina, punya komitmen, tapi anak buahnya melakukan hal yang berbeda, ya kan publik bisa menilai," ujar Hasto di gedung KPU Pusat, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (22/9/2018).


Hasto menuturkan baru semalam Ketua Umum Gerindra sekaligus Calon Presiden 2019 Nomor Urut 02, Prabowo Subianto, mengimbau semua pihak menciptakan kesejukan di masa kampanye.

"Baru aja diucapkan komitmennya. Orang akhirnya akan melihat (karena) politik ini satunya kata dan satunya perbuatan. Ya kalau kami partai yang punya disiplin," ujar Hasto

"Sekali pimpinan bilang A, kami akan jalankan A. Sekali Pak Jokowi-Kiai Ma'ruf bilang kami nggak boleh mencela pihak lawan, nggak boleh mencari, kami akan mentaati itu," sambung dia.


Sebelumnya, Fadli Zon mem-posting video yang seolah meneruskan nyanyian politik 'Potong Bebek Angsa'. Video yang di-posting Fadli menampilkan 3 pria dan 6 perempuan berhijab memakai seragam biru dan hitam serta topeng pinguin. Mereka membentuk formasi tarian.

Mereka berjoget diiringi lagu yang berisi sindiran politik tajam. Sepotong lirik lagu itu diambil dari editan lirik lagu 'Potong Bebek Angsa' ala Fadli Zon.

Secara keseluruhan lagu itu memuat lirik berisi sindiran tajam kepada lawan politik Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Namun ada lirik 'ternyata merekalah yang PKI'. Fadli men-pinned posting-an yang dimaksud di akun Twitternya. Dia mengaku mendapat video itu dari WhatsApp.

"Sekedar info, sy terima video tsb via WA, kreatif sekali. Sy namakan sj video kreatif itu "Goyang Bebek Angsa". #pilpresgembira," cuit Fadli soal video tersebut.

Ditelusuri lebih jauh, video itu sebenarnya video lama yang beberapa kali diunggah di YouTube. Salah satu pengunggahnya adalah akun 'racinka official'.

Di YouTube, video itu diberi judul 'Goyang Pinguin'. Musik pengiringnya adalah lagu 'Levan Polka'. Tak ada lirik politis tajam di video aslinya.
(aud/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed