DetikNews
Sabtu 22 September 2018, 09:11 WIB

Jokowi Ucapkan Belasungkawa atas Meninggalnya Presiden Vietnam

Niken Purnamasari - detikNews
Jokowi Ucapkan Belasungkawa atas Meninggalnya Presiden Vietnam Foto: dok. Istimewa
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) turut berbelasungkawa atas meninggalnya Presiden Vietnam Tran Dai Quang. Jokowi pun mengenang sosok Quang yang disebutnya berdedikasi terhadap negara dan rakyat Vietnam.

Ucapan belasungkawa disampaikan Jokowi melalui akun Facebook-nya. Jokowi teringat baru saja bertemu Tran pada 11 September 2018.



"Saya sampaikan belasungkawa mendalam atas wafatnya Presiden Trần Đại Quang dari Vietnam pada 21 September 2018. Saya sedih mendengar kabar duka ini karena baru saja bertemu beliau pada 11 September 2018. Saya terkesan atas dedikasi beliau kepada negara dan rakyat Vietnam. Doa saya untuk keluarga, rekan, dan rakyat Vietnam. Semoga beliau beristirahat dalam damai," ucap Jokowi, Sabtu (22/9/2018).



Presiden Quang meninggal di sebuah rumah sakit militer di Hanoi pada Jumat (21/9) waktu setempat.

"Karena penyakit serius, meskipun telah dilakukan berbagai upaya oleh dokter dan profesor domestik dan internasional," demikian pernyataan Vietnam Television saat mengabarkan wafatnya Presiden Quang. Tidak disebut lebih lanjut tentang penyakit yang diderita Quang.

Diketahui bahwa Vietnam tidak memiliki pemimpin yang paling tinggi. Secara resmi, negara ini dipimpin seorang presiden, perdana menteri, dan Ketua Partai Komunis. Meski menjabat sebagai Presiden Vietnam, peran mendiang Quang sebagian besar hanyalah bersifat seremonial belaka.
(nkn/mae)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed