BW: Warga DKI Ingin Wagub yang Tak Cacat Integritas

Danu Damarjati - detikNews
Sabtu, 22 Sep 2018 00:32 WIB
Ketua Komite Pencegahan Korupsi TGUPP DKI Bambang Widjojanto (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Ketua Komite Pencegahan Korupsi di Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) DKI Bambang Widjojanto menanggapi politikus Partai Gerindra DKI M Taufik yang ingin menjadi Wakil Gubernur DKI pengganti Sandiaga Uno. BW, begitu sapaan Bambang, menyatakan rakyat ingin wagub yang punya integritas tanpa cela.

"Rakyat Jakarta sangat mengharapkan wakil gubernurnya, siapa pun dia, adalah orang yang tak cacat integritasnya agar pemerintahan bisa dipercaya publik," kata BW kepada detikcom, Jumat (21/9/2018).



Menurut BW, yang merupakan mantan Wakil Ketua KPK, digadang-gadangnya M Taufik sebagai calon wagub merupakan kenyataan politik. Tak selamanya kenyataan itu sesuai dengan harapan.

"Realitas politik acap kali menyakitkan, mengingkari nurani dan akal sehat," kata BW.



Meski realitas politik tak ideal, BW mengajak semuanya tetap punya harapan baik. Dia percaya pengganti Sandiaga di kursi DKI-2 nanti adalah orang yang tepat dan punya integritas yang baik.

"Kita harus tetap optimistis, legitimasi integritas akan jadi dasar pijakan dan dikedepankan untuk membuat suatu keputusan dari sekadar alasan normatif," kata Taufik. (dnu/nkn)