DetikNews
Jumat 21 September 2018, 20:37 WIB

Kasus Dana Bansos, Alex Noerdin Siap Penuhi Panggilan Kejagung

Raja Adil Siregar - detikNews
Kasus Dana Bansos, Alex Noerdin Siap Penuhi Panggilan Kejagung Alex Noerdin (Raja/detikcom)
Palembang - Mantan Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin tercatat sudah dua kali tak hadir dalam pemeriksaan terkait kasus korupsi bansos. Alex mengakui hal itu dan siap jika nanti dipanggil lagi oleh Kejaksaan Agung.

Saat ditemui di Griya Agung, Palembang, Jumat (21/9/2018), Alex menyebut pemeriksaan dan pemanggilan oleh Kejagung merupakan hal biasa. Bahkan Alex memberi contoh bahwa jenderal aktif pun sudah pernah dipanggil Kejagung.



"Ini sebenarnya biasa saja, cobalah siapa para menteri yang tidak pernah dipanggil untuk saksi, jenderal aktif, bahkan wakil presiden juga pernah. Itu hanya sengaja dibesar-besarkan saja," kata Alex kepada wartawan.

Alex, yang pada saat itu masih menjabat gubernur, mengaku wajar jika dirinya tak sempat hadir saat dipanggil penyidik di Kejagung. Pada saat pemanggilan itu, dia punya jadwal yang tidak bisa ditinggalkan.

"Kemarin nggak datang karena saya ada urusan ini (mengurus pelantikan). Tetapi kalau untuk yang pertama karena dapat undangan untuk pembicara di Kerajaan Inggris," kata Alex Noerdin.



"Kalau dipanggil lagi, saya pasti datang. Saya juga mau kasus ini segera selesai dan saya warga negara yang baik, pasti datang," tutup Alex.

Untuk diketahui, Kejagung sudah dua kali memanggil Alex Noerdin untuk menjadi saksi kasus bansos di Pemprov Sumsel tahun anggaran 2018.

Dalam kasus tersebut, Kejaksaan Agung telah menetapkan dua tersangka berinisial L dan I. Penetapan tersangka ini setelah penyidik melakukan pemeriksaan saksi, di antaranya anggota DPRD Sumsel.

Jampidsus menemukan adanya dugaan penyimpangan pada perubahan anggaran dana hibah dan bansos tersebut. Apalagi pada awalnya APBD menetapkan untuk dana hibah dan bansos Rp 1,4 triliun, tapi berubah menjadi Rp 2,1 triliun.
(rvk/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed