DetikNews
Jumat 21 September 2018, 16:41 WIB

Demokrat: Tak Soal Nomor Urut, Yang Penting Prabowo Jadi Presiden

Tsarina Maharani - detikNews
Demokrat: Tak Soal Nomor Urut, Yang Penting Prabowo Jadi Presiden Prabowo Subianto/Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Partai Demokrat tak mempermasalahkan nomor urut yang akan didapatkan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Demokrat menegaskan yang terpenting adalah hasil akhir Pilpres 2019.

"Dapat nomor berapa pun buat kami tidak ada masalah, yang penting hasil akhir pemilunya Pak Prabowo jadi nomor 1 dan terpilih jadi presiden Indonesia berikutnya," kata Ketua DPP PD Jansen Sitindaon kepada wartawan, Jumat (21/9/2018).

Jansen mengatakan nomor urut bukan menjadi dasar dalam memilih. Masyarakat, sebut dia, akan memilih capres/cawapres dengan program terbaik.





"Masyarakat kita ini sudah sangat cerdas kok, mereka memilih calon presiden bukan berdasarkan nomor. Tapi program yang menurut mereka paling baik untuk bangsa ini ke depannya," sebutnya.

Jansen kemudian bercerita soal pengundian nomor urut Pemilu 2004. Saat itu, Susilo Bambang Yudhyono (SBY) bersama Jusuf Kalla mendapatkan nomor 4. SBY-JK berhasil menyingkirkan pasangan lainnya.

Begitu pun saat Pemilu 2009, SBY tak dapat nomor 1 atau 2. Namun, ia kembali memenangkan pemilu.





"Di Pemilu 2009 Pak SBY dalam cabut nomor juga tidak dapat nomor 1 tapi nomor 2, tapi menang juga kan," ujar Jansen.

"Jadi dalam sejarah elektoralnya di pilpres Pak SBY malah tidak pernah dapat nomor 1 dalam cabut nomor KPU. Tapi hasil akhir pemilunya yang penting kan, selalu mengakhirinya dengan jadi nomor 1 dan terpilih jadi presiden," tegasnya.

Pasangan Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno akan melakukan pengundian nomor urut peserta Pilpres 2019 malam nanti di kantor KPU. Pengundian nomor urut dilakukan setelah penetapan pasangan capres-cawapres kemarin, Kamis (20/9).




Tonton juga 'Demokrat: SBY Hargai Apa yang Dicapai Pemerintahan Sekarang':

[Gambas:Video 20detik]


(tsa/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed