DetikNews
Jumat 21 September 2018, 15:28 WIB

Foto 'Habib' Sandiaga Editan, Aslinya Wajah Habib Bahar bin Smith

Mochamad Zhacky - detikNews
Foto Habib Sandiaga Editan, Aslinya Wajah Habib Bahar bin Smith Foto Habib Bahar bin Smith diedit jadi Sandiaga
Jakarta - Foto cawapres Sandiaga Uno berpakaian bagai habib banyak beredar di media sosial. Melihat foto itu, Sandiaga tertawa dan menegaskan itu editan.

"Ha-ha-ha.... Ini Habib Bahar bin Smith," kata Sandiaga di Jagakarsa, Jakarta Selatan, Jumat (21/9/2018).

Sandiaga mengatakan dia tidak pernah memakai peci putih dan kerudung seperti yang ada di foto. Mantan Wagub DKI itu menganggap beredarnya foto editan ini sebagai keisengan.



"Saya sih hampir nggak pernah pakai peci putih ini, pertama. Dan nomor dua, saya jarang sekali kerudungan kayak begini. Belum pernah saya, kecuali waktu lagi umrah," ucapnya.

"Ya ini, iseng saja. Namanya juga medsos," sambung Sandiaga.

Sebelumnya diberitakan, Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid (HNW) menganggap Sandiaga pantas disebut sebagai ulama. Menurutnya, itu sesuai dengan yang tertuang dalam Alquran.

"Menurut saya sih Pak Sandi itu ya ulama, dari kacamata tadi. Perilakunya, ya perilaku yang juga sangat ulama, beliau melaksanakan ajaran agama, beliau puasa Senin-Kamis, salat duha, salat malam, silaturahim, menghormati orang-orang yang tua, menghormati semuanya, berakhlak yang baik, berbisnis yang baik, itu juga satu pendekatan yang sangat ulama. Bahwa kemudian beliau tidak bertitel 'KH' karena memang beliau tidak belajar di komunitas tradisional keulamaan," kata HNW.



Merespons anggapan HNW ini, Sandiaga menyadari pengetahuannya tentang agama terbatas. Namun, ia memiliki kemampuan mendalam sesuai dengan definisi ulama seperti yang disampaikan Hidayat. Menurut Sandiaga, adanya ribut-ribut antara pihak yang berbeda kubu ini bikin bingung masyarakat di tengah berbagai masalah ekonomi.

"Jadi buat saya tidak terlalu penting definisi ulama atau 'ubaru'. Tapi kayaknya saya 'ubaru'," kata Sandiaga sambil tertawa pada Kamis (20/9).




Tonton juga 'Rencana Prabowo-Sandi Usai Ambil Nomor Urut Pilpres 2019':

[Gambas:Video 20detik]


(imk/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed