DetikNews
Jumat 21 September 2018, 13:05 WIB

KIK Disebut Ikut-ikutan, PKB: Timses Jokowi Lebih Awal Terbentuk

Tsarina Maharani - detikNews
KIK Disebut Ikut-ikutan, PKB: Timses Jokowi Lebih Awal Terbentuk Sekjen PKB Abdul Kadir Karding (dok.pribadi)
Jakarta - Koalisi Joko Widodo-Ma'ruf Amin disebut sebagai Koalisi Ikut-ikutan (KIK) karena dianggap sering meniru kubu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. PKB menilai yang terjadi justru sebaliknya.

"Saya nggak tahu apa yang disebut follower. Bisa jadi kayaknya malah sebaliknya," kata Sekjen PKB Abdul Kadir Karding kepada wartawan, Jumat (21/9/2018).


Karding mengatakan Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf lebih dulu bekerja dibanding timses Prabowo-Sandi. Ia menjelaskan, sejak awal, TKN Jokowi-Ma'ruf atau Koalisi Indonesia Kerja (KIK) memiliki struktur program yang jelas.

"Saya kira justru sejauh ini kami lebih siap dan dari proses sejak awal TKN kami juga lebih awal terbentuk, lebih awal bekerja, dan itu ada jejak rekamnya," jelasnya.


Dia kemudian menyebut koalisi Prabowo-Sandi selama ini baru bisa mengkritik dan sekadar melemparkan jargon. Sementara itu, sebut Karding, Jokowi sudah bisa memaparkan hasil kerja nyata.

"Terkadang yang ada kami menjawab pertanyaan atau kita sebutlah serangan dari paslon Prabowo. Karena nggak mungkin tidak dijawab. Karena mereka kan baru bisa mengkritik, baru bisa jargon, baru bisa 'katanya', 'akan'. Kalau kita kan harus bisa memberikan penjelasan, ini loh yang sudah kami lakukan dan akan kami lakukan," papar Karding.


Partai Gerindra menyebut KIK Jokowi-Ma'ruf sebagai 'Koalisi Ikut-ikutan'. Alasannya, KIK sering menyontek gerakan yang dibuat koalisi Prabowo-Sandi.

"Kubu sebelah seperti sudah kehilangan kreativitas kerja mereka meniru apa yang kami lakukan. Kami buat hashtag mereka ikut, kami buat lagu mereka ikut, kami sasar milenial mereka ikut. Kami khawatir mereka disebut Koalisi Ikut Ikutan (KIK)," kata Ketua DPP Gerindra Habiburokhman, hari ini.
(tsa/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed