DetikNews
Jumat 21 September 2018, 12:15 WIB

Jelang Pengundian Nomor Urut Capres, Polisi Bersenjata Siaga di KPU

Dwi Andayani - detikNews
Jelang Pengundian Nomor Urut Capres, Polisi Bersenjata Siaga di KPU Foto: Pengamanan di KPU. (Dwi Andayani/detikcom).
FOKUS BERITA: Masa Kampanye Damai
Jakarta - KPU akan melakukan pengundian nomor urut bagi capres-cawapres malam ini. Penjagaan di KPU sudah mulai ketat sejak pagi hari.

Pantauan di Kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Jumat (21/9/2018) pukul 11.35 WIB, beberapa polisi lengkap bersenjata laras panjang berjaga di depan gerbang KPU.

Polisi ini berjaga bersama dengan pihak keamanan KPU. Bukan hanya polisi saja yang sudah mulai melakukan pengamanan. Sejumlah Paspampres juga sudah mulai berada di KPU mengingat Presiden petahana Joko Widodo malam nanti juga akan ikut dalam pengundian nomor urut peserta Pilpres 2019.


Tak hanya itu, dua kendaraan taktis kepolisian pun tampak terparkir di depan gedung KPU. Ketua KPU Arief Budiman mengatakan pihaknya telah menyerahkan keamanan Pilpres pada pihak kepolisian.

"Kami sudah serahkan ke kepolisian, sebagaimana ketentuan UU, paslon mendapat pengaman dan pengawalan sampai tahapan pilpres selesai. Kami sudah serahkan ke kepolisian, strateginya gimana, polisi yang lebih tahu, kan sudah mulai bisa diamankan," kata Arief.

Jelang Pengundian Nomor Urut Capres, Polisi Bersenjata Siaga di KPUFoto: Pengamanan di KPU. (Dwi Andayani/detikcom).

Selain untuk pengamanan paslon, pengamanan ini dilakukan untuk menghindari kemacetan. Arief mengatakan pengamanan juga dilakukan untuk mencegah adanya keributan antar-pendukung pasangan capres-cawapres.

"Jadi pengamanan tentu kalau menimbulkan kemacetan akan diamankan, untuk menghindari terjadinya gesekan ya akan dijaga jaraknya," sebut Arief.


Sebanyak 3.886 personel gabungan dari Polri, TNI dan Pemprov DKI Jakarta dikerahkan untuk mengamankan kegiatan tersebut.

"3.886 gabungan," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono lewat pesan singkat, Jumat (21/9).



Saksikan juga video 'Pasca Penetapan KPU, Sandiaga: Wow Sesuatu Banget!':

[Gambas:Video 20detik]


(dwia/elz)
FOKUS BERITA: Masa Kampanye Damai
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed