DetikNews
Jumat 21 September 2018, 11:10 WIB

Tanpa Alat Berat, Petugas Angkut Sampah Sungai Musi Pakai Tangan

Raja Adil Siregar - detikNews
Tanpa Alat Berat, Petugas Angkut Sampah Sungai Musi Pakai Tangan Petugas angkut sampah pakai tangan/Foto: Raja-detikcom
Palembang - Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Palembang, Sumatera Selatan telah berjibaku membersihkan sampah di bibir Sungai Musi. Namun tumpukan sampah tidak seluruhnya bisa bersihkan.

Pantauan detikcom, Jumat (21/09/2018) tumpukan sampah di bibir Sungai Musi mulai dibersihkan sejak pagi hari. Terlihat belasan petugas kebersihan mengangkut sampah hanya menggunakan peralatan seadanya.

Tidak ada alat berat, apalagi alat canggih untuk mengangkut sampah. Seluruhnya dibersihkan menggunakan tangan, serta boks sampah. Ada pula mobil truk Dinas Lingkungan Hidup di lokasi.



"Nggak ada alat berat, semua dikerjakan pakai tangan, manual. Mudah-mudahan secara bertahap akan bersih," kata salah seorang petugas kebersihan saat ditemui di lokasi.

Sementara itu, Ketua RT 06 Kelurahan 10 Ulu Palembang, Muhammad Saderi saat ditemui detikcom mengatakan sampah tak seluruhnya bisa diangkut. Mengingat tumpukan sampah di bibir Sungai Musi sudah lama dibiarkan.

"Sampah ini dibersihkan sekitar 3 hari lalu, tapi tidak semua bisa dibersihkan karena udah lama mengendap. Kalau memang ini mau bersih total harus pakai alat berat," kata Saderi.



Tanpa Alat Berat, Petugas Angkut Sampah Sungai Musi Pakai TanganFoto: Raja-detikcom


Saderi menyebut sampah di bibir Sungai Musi rata-rata memang datang dari arah Ulu. Sampah menumpuk saat air sungai pasang surut pada pagi dan sore hari.

Tidak hanya itu, belum selesai sampah di seberang Ulu dibersihkan, di seberang Ilir terlihat sudah mulai menumpuk. Bahkan kesadaran masyarakat disebut menjadi salah satu faktornya.

"Yang penting itu kesadaran masyarakat, sia-sia dibersihkan kalau tidak tetap ada yang buang sampah di sungai. Kasihan petugas kebersihan kalau begini," tutup Saderi.


Simak Juga 'Sampah di Sungai Musi, Datang Lagi dan Datang Lagi':

[Gambas:Video 20detik]


(rvk/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed