DetikNews
Kamis 20 September 2018, 20:20 WIB

Roadshow Antikorupsi BHACA Disambut Antusias di 8 Kampus

Ferdinan - detikNews
Roadshow Antikorupsi BHACA Disambut Antusias di 8 Kampus Roadshow Bung Hatta Anti-Corruption Award (BHACA) di kampus UKSW, Salatiga, Jateng, Jumat (14/9/2018) Foto: dok.detikcom
Jakarta - Roadshow Perkumpulan Bung Hatta Anti-Corruption Award (BHACA) sukses digelar di 8 kampus. Mahasiswa merespons positif diskusi musikal antikorupsi.

Roadshow BHACA bersama band indie Sisters in Danger ini menggaungkan semangat antikorupsi lewat diskusi yang dikemas memadukan penyampaian informasi, diskusi interaktif, dan pementasan musik.

Pimpinan KPK Agus Rahardjo, Alexander Marwata, Saut Situmorang, Laode M Syarif termasuk penasihat Budi Santoso dan Sarwono Soetikno memberikan inspirasi kepada anak muda.





 Diskusi musikal antikorupsi Bung Hatta Anti-Corruption Award (BHACA) di UIN Malang, Rabu (19/9/2018) Diskusi musikal antikorupsi Bung Hatta Anti-Corruption Award (BHACA) di UIN Malang, Rabu (19/9/2018) Foto: Irwan Nugroho-detikcom


BHACA juga menggandeng narasumber seperti Koordinator Indonesia Corruption Watch (ICW) Adnan Topan Husodo, akademisi UI Bagus Takwin hingga putri-putri Bung Hatta yakni Meutia Hatta dan Halida Hatta ikut terlibat menyebarluaskan nilai-nilai hidup Bung Hatta.

Digelar sejak awal September, roadshow BHACA--dengan media partner detikcom--menyambangi UNJ, Universitas Muhammadiyah Tangerang, ITB, Unswagati, Universitas Diponegoro, UKSW Salatiga, Universitas Gadjah Mada serta UIN Malang dengan total sekitar 3 ribu peserta.

Dalam diskusi di Universitas Diponegoro, Rabu (12/9), Wakil Ketua KPK Alexander Marwata bicara soal pentingnya mahasiswa mengembangkan integritas diri yang bisa dimulai dari lingkungan keluarga. Hal ini menurutnya menjadi upaya yang dilakukan guna mencegah tindakan koruptif di masa depan.




 Bung Hatta Anti-Corruption Award Tour di UGM. Bung Hatta Anti-Corruption Award Tour di UGM. Foto: Ristu Hanafi/detikcom



Penegasan yang sama disampaikan Wakil Ketua KPK Saut Situmorang. Dia mengajak anak muda agar tidak menolerir tindakan koruptif.

"Jika Indonesia mau bebas korupsi di 2045, maka zero tolerance itu harus dimulai," ujarnya dalam diskusi di UGM, Senin (17/9).

Sementara itu, Koordinator ICW Adnan Topan Husodo menyebut kampus berperan penting menggerakan nilai-nilai antikorupsi. Kampus menurutnya harus mencetak lulusan yang bisa membawa pengaruh positif pada gerakan antikorupsi.

"Meskipun pemahaman kita secara umum tentang korupsi itu negatif, ini nggak berhubungan langsung dengan tingkat korupsi di Indonesia. Tingkat korupsi kita tetap tinggi. Jadi, ada yang tidak nyambung antara apa yang ada di kepala kita tentang korupsi dengan tindakan kita. Kampus diharapkan bisa mengembangkan strategi anti-korupsi yang lebih efektif dalam membantu negara, membantu pemerintah melawan korupsi," sambung Adnan dalam diskusi di UKSW, Jumat (14/9).

Sementara di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang, Dewan Eksekutif Mahasiswa Universitas (DEM-U) UIN bersama Rektor UIN Malang serta KPK menggelar Deklarasi Anti-Korupsi Indonesia.





Roadshow Bung Hatta Anti-Corruption Award (BHACA) di FH Undip Semarang, (12/9)Roadshow Bung Hatta Anti-Corruption Award (BHACA) di FH Undip Semarang, (12/9) Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom




Dalam deklarasi, mahasiswa menyatakan diri untuk tidak akan melakukan korupsi, bersama-sama melawan korupsi, dan bertekad menjadikan bangsa ini bersih dari korupsi.

Di UIN Malang, salah seorang pendiri BHACA, Sharmi Ranti juga menuturkan harapannya kepada mahasiswa agar meneladani Bung Hatta.

"Kami harapkan mahasiswa yang meneruskan inspirasi dari Bung Hatta melalui teladan sikap beliau yang jujur, sederhana, dan tanggung jawab," tuturnya.




Roadshow diskusi musikal antikorupsi "Bung Hatta Jawa-Bali Tour 2018" masih akan berlangsung di tiga kota yaitu di Universitas Surabaya (21/9); STKIP Bangkalan, Madura (24/9) dan Universitas Udayana, Bali (27/9).
(fdn/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed