DetikNews
Kamis 20 September 2018, 20:08 WIB

Kejutan Ketum Pemuda Muhammadiyah Jadi Jubir Prabowo-Sandiaga

Ferdinan, Mochamad Zhacky - detikNews
Kejutan Ketum Pemuda Muhammadiyah Jadi Jubir Prabowo-Sandiaga Dahnil Anzar Simanjuntak (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Dahnil Anzar Simanjuntak membuat kejutan dengan menyambut pinangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah itu akan mengkoordinasi juru bicara tim pemenangan Prabowo-Sandiaga.

Sinyal-sinyal Dahnil bergabung sebenarnya sudah tercium beberapa waktu sebelumnya. Terakhir, Dahnil menemani Sandiaga salat Jumat di Masjid At-Tanwir yang masih di lingkungan PP Muhammadiyah pada Jumat (14/9).
Hingga pada akhirnya Sekjen PAN Eddy Suparno membeberkan bergabungnya Dahnil sebagai koordinator juru bicara tim pemenangan Prabowo-Sandiaga. Dahnil mengaku keputusannya itu tidak diambil dengan mudah.

"Setelah melalui istikharah, berdoa minta petunjuk Allah SWT dan berdiskusi panjang dengan keluarga, sahabat, dan para senior di Muhammadiyah dan di luar Muhammadiyah, saya memutuskan untuk menerima ajakan Pak Prabowo Subianto dan Mas Sandi S Uno untuk bersedia menjadi Koordinator Juru Bicara Tim Pemenangan Prabowo-Sandi," ujar Dahnil dalam keterangan tertulis, Kamis (20/9/2018).

Di sisi lain, Dahnil memiliki status sebagai dosen tetap di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Banten. Dia pun harus mengundurkan diri.
"Semoga ijtihad saya ini membawa kebaikan untuk bangsa dan negara," kata Dahnil.

Sedangkan soal jabatannya di PP Pemuda Muhammadiyah, menurut Dahnil, tidak ada ketentuan yang mengharuskannya mundur. Namun Dahnil memastikan PP Pemuda Muhammadiyah netral dalam Pilpres 2019.

"Pemuda Muhammadiyah secara institusional tentu pada posisi netral," kata Dahnil.
(dhn/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed