DetikNews
Kamis 20 September 2018, 17:50 WIB

Megawati Tertawa Dengar Usul Debat Capres Pakai Bahasa Inggris

Samsdhuha Wildansyah - detikNews
Megawati Tertawa Dengar Usul Debat Capres Pakai Bahasa Inggris Megawati Soekarnoputri (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Kubu pendukung capres Prabowo Subianto sempat mengusulkan debat Pilpres 2019 yang diselenggarakan KPU nanti diisi dengan sesi berbahasa Inggris. Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri tertawa mendengarnya.

"Saya ketawa ketika ada yang mengusulkan ada debat presiden itu harus pakai bahasa Inggris. Saya pikir, bagaimana nih? Ke mana bahasa kita? Memang kalau sudah bisa bahasa Inggris itu istimewa? Tidaklah," kata Megawati di DPP PDIP, Jl Pangeran Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (20/9/2019).



Megawati menilai usulan debat berbahasa Inggris dalam acara debat Pilpres 2019 tidak tepat. Dia mencontohkan penyanyi Anggun C Sasmi yang, menurutnya, tidak lupa pada Indonesia meski sudah go international.

"Anggun itu internasional, tapi dia nggak lupa sama Indonesia. Nggak menjadi sombong. Masih tetap Indonesia. Walaupun masih tinggal di Prancis, bisa bahasa Prancis," ucapnya.

"Mengapa kita malu menjadi diri sendiri? Mengapa kita mau menjadi imitasi orang lain? Kamu boleh ikut Michael Jackson, kamu boleh ikut hip hop. Tapi ya mbok belajar nari dong Indonesia," sambungnya.



Usulan ini sendiri sudah dijawab oleh dua capres, yaitu Joko Widodo dan Prabowo Subianto. Keduanya memilih berdebat dengan bahasa Indonesia.



Tonton juga 'KPU: Kalau Debat Bahasa Inggris, yang Ngerti Berapa Orang?':

[Gambas:Video 20detik]


(imk/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed