DetikNews
Kamis 20 September 2018, 11:06 WIB

Kena Jerat, Gajah Betina Liar di Aceh Luka Parah

Agus Setyadi - detikNews
Kena Jerat, Gajah Betina Liar di Aceh Luka Parah Foto: Gajah terluka karena kena jerat (Dok BKSDA )
Banda Aceh - Seekor gajah betina liar di Aceh terluka parah akibat terkena jerat. Pengobatan baru berhasil dilakukan setelah petugas mencari hewan berbelalai ini selama dua pekan.

"Kaki kiri depan gajah berusia sektiar 25 tahun ini luka parah karena jerat. Tim sudah mengobatinya," kata Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh Sapto Aji Prabowo, Kamis (20/9/2018).

Proses pencarian gajah liar ini memang membutuhkan waktu tergolong lama. Usai diketahui terkena jerat, satwa dilindungi ini menghilang. Hewan berjuluk "Po Meurah" tersebut akhirnya ditemukan di Desa Blang Tualang Kecamatan Bireum Bayen, Aceh Timur.



Tim BKSDA Aceh bersama dokter hewan dari VESSWIC dikerahkan ke lokasi. Gajah ini selanjutnya direbahkan dekat lumpur di tengah hutan. Beberapa petugas mengelilinginya. Mereka ada yang bertugas melepaskan jerat yang melekat di kaki dengan cara memotong.

Sementara tim dokter membersihkan luka serta memberikan antibiotik. Hewan bertubuh besar ini juga diinfus untuk mengembalikan tenagannya. Proses pengobatan ini dilakukan pada Rabu 19 September sore.

"Gajah juga diinfus untuk memulihkan kondisi gajah yang agak lemas. Selanjutnya (setelah diobati) gajah akan dilepasliarkan kembali," jelas Sapto.




Tonton juga 'Duh Kasihan, Anak Gajah Terperangkap Jeratan Babi':

[Gambas:Video 20detik]


(rvk/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed