DetikNews
Kamis 20 September 2018, 06:26 WIB

Viral Ma'ruf Amin 'Dicuekin', MUI: Itu Sebelum Jadi Cawapres

Faiq Hidayat - detikNews
Viral Maruf Amin Dicuekin, MUI: Itu Sebelum Jadi Cawapres Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Sejumlah pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang mendampingi Ma'ruf Amin angkat bicara soal video viral Ketum MUI itu 'dicuekin' anak-anak muda. Peristiwa itu terjadi sebelum Ma'ruf Amin menjadi bakal cawapres.

" Itu video lama," kata Waketum MUI, Zainut Tauhid saat dikonfirmasi, Kamis (20/9/2018).

Zainut juga tampak ada di video tersebut. Momen itu terjadi pada 9 Mei 2018 di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

"Jadi jauh sebelum beliau menjadi Cawapres," ungkapnya.


Hal senada disampaikan oleh Wasekjen MUI Misbahul Ulum. Momen yang terekam di video viral itu adalah saat Ma'ruf makan di Rumah Makan Haji Fauzan Banjarmasin, setelah penutupan acara Ijtima Ulama Komisi Fatwa MUI.

"Saya juga hadir pada saat makan siang tersebut," kata Misbahul.

Sebelumnya diberitakan, video yang beredar itu direkam oleh seorang pengunjung rumah makan. Ma'ruf Amin tampak berjalan masuk didampingi beberapa orang dan terdengar sapaan 'assalamualaikum'. Kamera lalu menyorot beberapa pengunjung rumah makan yang merupakan anak muda. Anak-anak muda tetap asyik makan serta main ponsel dan tidak menghampiri Ma'ruf Amin.


Video itu diunggah di sejumlah akun Facebook dan Twitter, salah satunya di akun Agus Sriyanto. Di akun tersebut, video Ma'ruf Amin sudah ditonton lebih dari 1.100 kali.

"SAPAAN MA'RUF AMIN DICUEKIN PENGUNJUNG RUMAH MAKAN? Pemandangan seperti ini sebenarnya membuatku sedih kok jadi seperti ini seorang ulama menyapa pengunjung seakan mereka tidak kenal siapa yang menyapa. Kesedihan yang bermuara pada khawatir nilai-nilai kesakralan seorang kiai sepuh jadi luntur karena terbawa pengaruh hiruk pikuk politik dan demokrasi. Selain ada juga yang jadi pertanyaan mengganjal kenapa ya pengunjung rumah makan kl dilihat tempat lumayan besar dan pengunjung juga banyak tapi sepertinya tidak mengenal sosok Ma'ruf Amin, sedang beliau didampingi banyak orang di sekitar beliau. Sedangkan kata lembaga survei Jokowi-Ma'ruf elektabilitas paling tinggi dan katanya juga paling banyak dikenal publik 🤔" tulis pemilik akun Agus Sriyanto.



Saksikan juga video 'Jika Terpilih di 2019, Ma'ruf Amin Harus Mundur dari Ketum MUI':

[Gambas:Video 20detik]


(imk/jor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed