DetikNews
Rabu 19 September 2018, 23:01 WIB

Sandiaga, Pedagang atau Ulama?

Marlinda Oktavia Erwanti, Gibran Maulana Ibrahim, Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Sandiaga, Pedagang atau Ulama? Foto: Bakal cawapres Sandiaga Uno. (Grandyos Zafna-detikcom)
Jakarta - Sebutan ulama untuk bakal Cawapres Sandiaga Uno menjadi kontroversi. Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah tidak sepakat karena menurutnya Sandiaga adalah pedagang. Jadi, Sandiaga pedagang atau ulama?

Cap Sandiaga sebagai ulama disampaikan Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid yang tidak sepakat pernyataan GNPF-Ulama terkait adanya cawapres dari kalangan ulama bisa membuat suara terpecah. Pernyataan itu secara tak langsung merujuk ke Ma'ruf yang berlatarbelakang ulama.

Hidayat pun menjelaskan pengertian ulama. Dalam Alquran, istilah ulama disebutkan dalam Surat As-Syura dan Surat Al-Fatir.


Dengan mengacu pada dua surat itu, Sandiaga yang berposisi bakal cawapres Prabowo Subianto dinilai sebagai ulama. Keulamaan itu ditunjukkan Sandiaga dalam perilakunya.

"Menurut saya sih Pak Sandi itu ya ulama, dari kacamata tadi. Perilakunya, ya perilaku yang juga sangat ulama, beliau melaksanakan ajaran agama, beliau puasa Senin-Kamis, salat duha, salat malam, silaturahim, menghormati orang-orang yang tua, menghormati semuanya, berakhlak yang baik, berbisnis yang baik, itu juga satu pendekatan yang sangat ulama. Bahwa kemudian beliau tidak bertitel 'KH' karena memang beliau tidak belajar di komunitas tradisional keulamaan," tutur Hidayat di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (17/9).

Fahri Hamzah tidak sepakat. Bagi Fahri, makna kata 'ulama' adalah ilmuwan. Fahri mengategorikan eks Wagub DKI Jakarta itu sebagai pedagang.

"Ilmuwan itu ya ilmuwan, bukan apa namanya... pedagang, gitu. Sandi itu pedagang, namanya tajir kalau di dalam bahasa orang kampung kita itu, tajir. Ya bukan ulamalah," kata Fahri di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (19/9/2018).


Fahri menyebut ulama adalah orang yang bersekolah agama, hafal Alquran, hafal hadis, dan sebagainya. Sandi, ditegaskan Fahri, tak termasuk golongan ulama.

"Lah pedagang seperti Sandi disebut ulama kan nanti jadi repot," ucapnya.


Pemberian label ulama membuat Ma'ruf bertanya-tanya. Bakal cawapres Joko Widodo (Jokowi) ini menanyakan PKS menganggap ulama itu seperti apa.

"Ya barangkali mereka menganggap ulama itu apa, gitu lo. Jadi kalau mereka ulama, tanya saja dasarnya ulama apa," kata Ma'ruf Amin di sela penutupan untuk caleg Perindo di iNews Tower, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (18/9).


(idh/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed