DetikNews
Rabu 19 September 2018, 21:30 WIB

KPK Telaah Pertemuan TGB dengan Deputi Penindakan

Haris Fadhil - detikNews
KPK Telaah Pertemuan TGB dengan Deputi Penindakan Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - KPK menelaah pertemuan antara Deputi Penindakan, Irjen Firli dengan mantan Gubernur NTB, TGH Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB). Proses telaah untuk mencermati informasi yang berkembang terkait pertemuan itu.

"Proses telaah itu mencermati informasi yang berkembang. Termasuk salah satunya dari pemberitaan, agar bisa diketahui apa yang terjadi dan bagaimana fakta-fakta yang terkait itu. Belum ada kesimpulan dari proses itu," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah, Rabu (19/9/2018).

Febri mengatakan tak ada batasan waktu dalam proses telaah. Firli juga disebut belum dimintai keterangan dalam proses telaah ini.


"Proses telaah. Kalau minta keterangan itu klarifikasi. Sekarang masih proses telaah," ucapanya.

Sebelumnya, TGB mengaku pernah bertemu dengan Firli. Pertemuan itu disebutnya terjadi tidak sengaja saat bermain tenis atas ajakan Kolonel Inf Farid Ma'ruf pada 13 Mei 2018 lalu.

"Pak Farid Ma'ruf yang menyampaikan bahwa, 'Kita kebetulan lagi main tenis nih Pak Gubernur, pengganti saya juga ada nih, Pak Rizal namanya, kalau Pak Gubernur berkenan bisa datang?' (TGB menjawab) 'Ya, saya datang'," ucap TGB di salah satu restoran di Jalan Pakubowono VI, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (19/9/2018).


"Dan ketika saya datang, beliau (Firli) juga ternyata sudah ada di situ. Beliau sudah ada di situ sedang main tenis. Jadi, saya baru tahu bahwa ternyata Pak Firli juga pemain tenis," imbuhnya.

Pertemuan itulah yang kemudian disebutnya dikait-kaitkan dengan adanya 'permainan' dalam kegiatan pengumpulan data serta penyelidikan KPK berkaitan dengan divestasi saham PT Newmont Nusa Tenggara.

Namun TGB menepisnya. Sebab, menurutnya, runutan waktu antara pertemuan awalnya dengan Firli dan pemeriksaan terhadapnya terjadi sebelumnya.


(haf/jor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed