DetikNews
Rabu 19 September 2018, 15:01 WIB

Kena Proyek Tol Desari, 525 Makam di Limo Depok Dibongkar

Matius Alfons - detikNews
Kena Proyek Tol Desari, 525 Makam di Limo Depok Dibongkar Pemindahan makam di TPU Grogol, Beji, Depok. Sebanyak 525 makam dipindah karena ada proyek jalan Tol Depok-Antasari (Desari) (Foto: Matius Alfons/detikcom)
Depok - Pembangunan proyek jalan Tol Depok-Antasari (Desari) berakibat pada dibongkarnya 525 makam di Limo Depok. Makam-makam itu akan dipindah ke lokasi baru yang tak jauh dari posisi semula.

"Jumlah makamnya (yang harus dipindah) dari data yang saya himpun itu sudah 525 makam, belum tambahan yang belum saya masukkan," kata Ketua Koordinator Pekerjaan Pemindahan Makam, Nian Darmawan kepada wartawan di TPU Grogol, Jl Pulo Mangga, Grogol, Limo, Depok, Rabu (19/9/2018).


Saat ini baru 165 makam yang dibongkar. Kemudian jenazah tersebut disalatkan terlebih dahulu sebelum dipindah ke makam baru yang jaraknya sekitar 100 meter.

"Sampai hari ini baru 165 makam yang kita angkat dari 525 makam," ujarnya.

Pantauan detikcom pukul 13.00 WIB, proses pemindahan jenazah masih berlangsung. Ada 23 jenazah yang disalatkan Haji Muhamad Yusuf Nimung bersama ahli waris dan tim pemindahan makam.

Jenazah dipindah ke lokasi baru yang jaraknya tak jauh dari posisi TPU sebelumnyaJenazah dipindah ke lokasi baru yang jaraknya tak jauh dari posisi TPU sebelumnya (Foto: Matius Alfons/detikcom)


Nian mengatakan proses pemindahan makam ini berjalan lancar tanpa penolakan dari masyarakat dan ahli waris. Dia mengatakan sosialisasi kepada warga sudah dilakukan dari waktu lama.

"Memang dari awal (ahli waris) sudah beberapa tahun kita sampaikan dan yang penting intinya gimana caranya (jenazah) dipindahkan dengan cara-cara yang layak sebagaimana menanam mayat baru," tuturnya.


Terkait pemindahan ini, PT Citra Waspphutowa selaku kontraktor tol sudah memberi biaya pemindahan atas 165 makam. Tiap makam diberi biaya pemindahan sekitar Rp 2 juta dengan dipotong biaya batu nisan sebesar Rp 300 ribu.

Diketahui bahwa PT Citra Waspphutowa melakukan pembangunan Tol Depok-Antasari (Desari) seksi 1 yang menghubungkan Antasari-Brigif akan mulai dilakukan uji laik fungsi minggu depan. Pada Juli lalu Tol Desari sudah jalani uji pra laik fungsi, ada sejumlah catatan yang mesti diperbaiki supaya lolos uji laik fungsi dan kemudian diresmikan alias operasi.




Tonton juga 'Ramai-ramai Tolak Penggusuran Pasar Gembrong':

[Gambas:Video 20detik]


(jbr/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed