DetikNews
Rabu 19 September 2018, 14:00 WIB

KPU Minta Parpol Tertibkan Pendukung Saat Ambil Nomor Urut Capres

Dwi Andayani - detikNews
KPU Minta Parpol Tertibkan Pendukung Saat Ambil Nomor Urut Capres Gedung KPU (Ari Saputra/detikcom)
FOKUS BERITA: Masa Kampanye Damai
Jakarta - Pengambilan nomor urut capres-cawapres dijadwalkan dilakukan Jumat (21/9). KPU meminta parpol menjaga ketertiban pendukungnya.

"Melalui LO (liaison officer), kita sudah membangun komitmen bersama, bahwa ini juga tontonan kepada masyarakat luas dan mereka juga punya komitmen untuk masing-masing menjaga-menertibkan massa pendukungnya yang hadir," ujar komisioner KPU Wahyu Setiawan di kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Rabu (19/9/2018).

Wahyu mengatakan para pendukung dipersilakan memberikan dukungan. Namun dia meminta agar pendukung tetap menjaga keamanan dan ketertiban.

"Silakan berekspresi dengan ragam ekspresinya, tapi kita sama-sama punya komitmen untuk menjaga bahwa prosesi pengambilan nomor urut itu berjalan dengan aman, tertib, dan lancar," kata Wahyu.



Selain itu, Wahyu mengatakan pihaknya telah melakukan koordinasi dengan kepolisian. Hal ini dikarenakan pertemuan kedua pendukung pasti akan terjadi.

"Kita sudah berkoordinasi dengan aparat kepolisian ya, karena kita merencanakan (pengambilan nomor urut) malam hari pukul 20.00 WIB. Sudah pastilah, sudah pasti tidak bisa dihindari ada titik temu di antara dua kelompok pendukung," tuturnya.



Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo- Ma'ruf Amin menyebut ribuan relawan akan ikut mendampingi pasangan tersebut ke KPU saat pengundian nomor urut. Para relawan itu datang dari berbagai daerah.

"Kami tidak membatasi jumlah relawan yang akan ikut dalam acara itu. Bukan hanya dari Jakarta, tapi juga dari kota-kota lain. Bahkan ada yang dari luar Jawa," ujar Direktur Relawan TKN Jokowi-Ma'ruf, Maman Imanulhaq, kepada wartawan, Selasa (18/9).
(dwia/rvk)
FOKUS BERITA: Masa Kampanye Damai
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed