Jokowi Lantik Gubernur NTB Pengganti TGB di Istana

Andhika Prasetia - detikNews
Rabu, 19 Sep 2018 10:07 WIB
Presiden Jokowi melantik Gubernur NTB Zulkieflimansyah. Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Jakarta - Prosesi pelantikan gubernur dan wakil gubernur terpilih di Istana memasuki gelombang kedua. Kali ini, giliran Gubernur NTB Zulkieflimansyah yang dilantik Presiden Joko Widodo.

Pelantikan berlangsung di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (19/9/2018) pukul 10.00 WIB setelah penyerahan Keppres serta kirab dari Istana Merdeka. Zul dan wakilnya, Sitti Rohmi Djalilah diambil sumpahnya secara Islam.

Gubernur NTB Zulkieflimansyah diambil sumpah jabatan.Gubernur NTB Zulkieflimansyah diambil sumpah jabatan. Foto: Andhika Prasetia/detikcom


"Demi Allah saya bersumpah, saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur/sebagai wakil gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa," ucap Jokowi diikuti Zul dan Sitti.


Selanjutnya, Zul dan Sitti serta Jokowi menandatanganani berita acara pengambilan sumpah jabatan gubernur dan wakil gubernur masa jabatan 2018-2023. Acara dilanjutkan sesi foto dan bersalaman.

Pelantikan gubernur NTB dilakukan setelah penyerahan Keppres serta kirab dari Istana Merdeka.Pelantikan gubernur NTB dilakukan setelah penyerahan Keppres serta kirab dari Istana Merdeka. Foto: Andhika Prasetia/detikcom

Zul dan Sitti menggantikan TGH Zainul Majdi alias Tuan Guru Bajang (TGB) dan Muhammad Amin untuk memimpin NTB. Zul dan Sitti diusung PKS dan Partai Demokrat (PD).


Pejabat yang hadir dalam pelantikan pagi ini adalah Ketua MPR Zulkifli Hasan, Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid, Wakil Ketua DPD Nono Sampono, Ketua MK Anwar Usman, dan Mensos Agus Gumiwang Kartasasmita.


Simak Juga 'Paripurna Tugas 2 Periode di NTB, TGB Dilepas Warga Meriah':

[Gambas:Video 20detik]

(dkp/aan)