DetikNews
Rabu 19 September 2018, 06:32 WIB

Pemilu 2019: Koalisi Indonesia Kerja Vs Koalisi Indonesia Adil Makmur

Rina Atriana, Zunita Amalia Putri - detikNews
Pemilu 2019: Koalisi Indonesia Kerja Vs Koalisi Indonesia Adil Makmur Momen pengumuman Koalisi Indonesia Adil Makmur (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta - Kubu Prabowo telah meluncurkan Koalisi Indonesia Adil Makmur sebagai nama resmi koalisi mereka. Seperti diketahui, kubu Jokowi telah lebih dulu memilih nama Koalisi Indonesia Kerja.

Peluncuran nama koalisi Prabowo dilakukan pada Selasa (18/9) malam di kediaman Prabowo Subianto di Kertanegara, Jakarta Selatan. Hadir Prabowo sendiri, Sandiaga Uno, dan perwakilan partai koalisi.

"Pertama, nama Koalisi Indonesia Adil Makmur ini nama yang disepakati hari ini. Dan tagline-nya 'Adil Makmur Bersama Prabowo-Sandi'. Karena problem Indonesia adalah ketidakadilan, adanya ketimpangan hukum sosial, sehingga kita mewujudkan keadilan kemakmuran bangsa dan negara," kata Sekjen Gerindra Ahmad Muzani di depan kediaman Prabowo.


Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Djoko Santoso didapuk jadi ujung tombak timses Prabowo-Sandiaga. Nama-nama resmi timses akan diumumkan pada Kamis (20/9) besok.

Membandingkan Nama Koalisi Jokowi dan PrabowoFoto: Dwi Andayani/detikcom
Sementara itu, kubu Jokowi telah lebih dulu meluncurkan nama koalisi mereka, yakni Koalisi Indonesia Kerja (KIK). Nama koalisi itu disampaikan pada awal Agustus 2018.

"Nama kami, Koalisi Indonesia Kerja. Beda dengan sebelah ya yang penuh inkonsistensi, kami prudent dan solid," ungkap Sekjen NasDem Johnny G Plate, Kamis (9/8).


Setelah nama koalisi diumumkan, di hari yang sama, teka-teki cawapres pendamping Jokowi terjawab. Ketum MUI Ma'ruf Amin dipilih dan disetujui untuk menjadi calon RI-2 pengganti JK mendampingi Jokowi.

Saat nama cawapres Jokowi terungkap, giliran ketua timses KIK yang memancing rasa penasaran. Sejumlah nama mengemuka, sampai akhirnya kubu Jokowi mengumumkan pengusaha Erick Thohir sebagai ketua timses.



Saksikan juga video 'Nama Koalisi Prabowo-Sandi: Koalisi Indonesia Adil Makmur':

[Gambas:Video 20detik]


(rna/knv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed