ADVERTISEMENT

Novanto Sebut Selnya Tak Mewah: Hanya Kasur dan Meja 40 Cm

Faiq Hidayat - detikNews
Selasa, 18 Sep 2018 12:09 WIB
Koruptor e-KTP Setya Novanto (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta - Koruptor e-KTP Setya Novanto menyebut sel yang ditempatinya di Lapas Sukamiskin tidak mewah. Justru sebaliknya, Novanto mengatakan selnya itu sangat sederhana.

"Semua lihat sangat sederhana, hanya ada kasur sama meja hanya ukuran 40 sentimeter," ucap Novanto di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Selasa (18/9/2018).

Ruangan sel Novanto terkuak setelah Ombudsman melakukan inspeksi mendadak (sidak). Novanto mengaku selnya itu tidak luas karena ada ruangan lain yang ukurannya sama.

"Tempat itu sebenarnya ada yang besar dan kecil dan (Lapas) Sukamiskin sejak zaman Belanda 1918 sudah demikian," ucap Novanto.




"Ada tipe kecil dan besar memang ada yang sama. Jadi memang itu saya terima kasih itu (sel) bekas Romi Herton sebelum meninggal baru ke saya. Saya menempati seperti itu," imbuh Novanto.

Sebelumnya, Kepala Lapas (Kalapas) Sukamiskin Tejo Harwanto menyebut sel yang ditempati Novanto berukuran 3 x 5 meter. Tejo memastikan sel itu memang sudah ada sejak lapas tersebut dibangun Belanda. Sel dengan ukuran yang sama, disebut Tejo, sebanyak sekitar 40 ruangan dari total 552 sel.

Di dalam sel Novanto, terdapat kasur yang dilapisi seprei berwarna putih. Tampak pula rak buku serta meja kerja lengkap dengan kursinya. Melongok ke arah kamar mandi, ada kloset duduk yang, menurut Tejo, memang sebenarnya sudah direncanakan ada di semua sel. Dia mengklaim hampir 80 persen sel di Lapas Sukamiskin dilengkapi kloset duduk.



Saksikan juga video 'Heboh Sel Setnov, Berapa Luas Kamar Tahanan Seharusnya?':

[Gambas:Video 20detik]

(dhn/tor)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT